Logo Bloomberg Technoz

Menurut keterangan sumber pejabat asing di ibu kota Saudi yang mengetahui rencana ini, toko berlisensi tersebut akan dibuka dalam beberapa minggu mendatang di Riyadh. Diplomat non-Muslim akan diizinkan membeli alkohol di sana.

Sebelumnya, Putra Mahkota Mohammed bin Salman juga telah mengubah sejumlah kontrol sosial. Di antaranya mencabut larangan mengemudi bagi perempuan dan mengizinkan kegiatan hiburan, musik, dan percampuran gender di ruang publik.

Pengaruh otoritas agama yang sebelumnya menegakkan kode moral yang ketat berkurang. Pangeran Mohammed berusaha membuka negaranya untuk dikunjungi lebih banyak orang asing sebagai bagian dari rencana mendiversifikasi perekonomian yang bergantung pada minyak.

Secara historis, di Arab Saudi sebagai negara Muslim, alkohol hanya dijual di pasar gelap atau diperoleh melalui pengiriman diplomatik. Konsumsinya diharamkan dalam agama Islam.

Grup K-Pop BLACKPINK (Sumber: Bloomberg)

Konser Musik

Dilansir dari Reuters, konser telah lama menjadi urusan bawah tanah di Arab Saudi, di mana kepatuhan resmi terhadap sekolah Islam Sunni Wahhabi yang ketat menempatkan musik dalam wilayah hukum yang tidak jelas. Namun pada 2017, acara musik sudah mulai diperbolehkan. 

Ini adalah kepulangan yang megah bagi superstar Arab Saudi, Mohammed Abdo, yang populer dengan sebutan "Artis Arab," yang telah tampil di rumah-rumah penuh di luar negeri selama lebih dari satu dekade seringkali kebanyakan orang Saudi - namun tidak bisa tampil di panggung di dalam negeri. 

Abdo didukung oleh orkestra Mesir beranggotakan 60 orang dan tampil bersama dua penyanyi populer lainnya: Rabeh Sager, seorang Saudi, dan Majid Al-Muhandis, seorang Irak yang juga memiliki kewarganegaraan Saudi.

Konser di Arab sempat menjadi perbincangan dikarenakan kasus pelecehan yang dialami banyak wanita. Dikarenakan pria dan wanita di campur di satu tempat.

Namun, pemerintah Arab Saudi langsung memperketat pengamanan dan menegaskan akan menjatuhi hukuman.

Saat ini, beberapa artis ternama sudah tampil di Arab Saudi, seperti BTS, Super Junior, BLACKPINK, Metaliica dan beberapa artis ternama lainnya.

Aturan di Restoran diperlonggar

Sebelumnya setiap restoran di Arab Saudi diwajibkan memiliki satu pintu masuk untuk keluarga dan wanita serta pintu khusus untuk laki-laki. Tempat duduk pria dan wanita biasanya juga dipisah. 

Namun, dilaporkan BBC pada 2019, pertutaran tersebut dihapuskan. “Restoran tidak perlu lagi menerapkan pintu masuk yang terpisah bedasarkan jenis kelamin,” kata Kementerian kotamadya Saudi.

Sebelumnya pada awal tahun 2019 ini, pemerintah mengeluarkan dekrit kerajaan yang isinya mengizinkan perempuan Saudi untuk bepergian ke luar negeri tanpa izin wali lelaki.

Rumy Alqahtani (Instagram rumy_alqahtani)

Ikut ajang Miss Universe

Arab Saudi untuk pertama kalinya akan mengikuti ajang Miss Universe 2024. 

Arab Saudi akan mengirim Rumy Alqahtani untuk mengikuti ajang kecantikan yang digelar di Meksiko tersebut.

“Kami sangat bangga akan mengikuti Miss Universe 2024, ini pertama kalinya Arab Saudi akan mengikuti kompetisi tersebut,” ujar Rumy lewat akun Instagram.

Rumy juga bukan orang baru di dunia kompetisi kecantikan. Memulai karier sebagai model, Rumy sudah mengikuti ajang kecantikan seperti Miss & Mrs Global Asian di Malaysia.

(spt)

No more pages