Logo Bloomberg Technoz

S&P 500 turun untuk hari kedua pada Senin karena para pedagang mengambil sikap hati-hati pada taruhan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi--yang akan dirilis pada Jumat Agung ketika pasar-pasar AS akan ditutup--akan menunjukkan inflasi yang mungkin masih tetap tinggi. Pada hari yang sama, Jerome Powell dijadwalkan untuk berbicara.

Jepang (Dok: Bloomberg)

Yen bertahan dalam kisaran sempit dalam 0,5% dari level terendah 17 bulan terhadap dolar, mengipasi spekulasi bahwa pihak berwenang akan tetap waspada untuk memperlambat penurunan lebih lanjut dalam mata uang.

Pemerintah akan mengambil langkah yang tepat terhadap pergerakan mata uang yang berlebihan, tanpa mengesampingkan tindakan apa pun, kata Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki.

Treasury naik tipis, sementara dolar melemah terhadap sebagian besar mata uang Grup-10.

Pullback 'Sudah Terlambat'

Rasa kehati-hatian muncul di antara para investor di awal minggu ini karena kekhawatiran mengenai ketidaksesuaian antara ekspektasi pendapatan dan harga-harga saham telah meningkat. Ahli strategi Morgan Stanley dan JPMorgan Chase & Co adalah yang terakhir memperingatkan bahwa akan sulit untuk membenarkan valuasi yang tinggi jika akselerasi laba gagal terwujud.

"Kami terus melihat sentimen yang melebar dan berpikir bahwa kemunduran pasar ekuitas AS sudah terlambat," kata Lori Calvasina di RBC Capital Markets.

Sebagai tanda betapa panasnya pasar saham, S&P 500 mengakhiri minggu lalu 14% di atas rata-rata pergerakan 200 hari. Namun, kombinasi data ekonomi AS yang sehat, ekspektasi bahwa The Fed akan memangkas suku bunga, dan optimisme mengenai kecerdasan buatan telah mendorong S&P 500 naik hampir 10% tahun ini.

Ahli strategi Goldman Sachs Group Inc tetap berpegang pada prediksi akhir tahun mereka di 5.200--tetapi memiliki skenario di mana perusahaan-perusahaan teknologi besar memimpin indeks hingga 6.000.

"Meskipun optimisme AI terlihat tinggi, ekspektasi pertumbuhan jangka panjang dan valuasi untuk saham-saham TMT terbesar masih jauh dari wilayah 'bubble'," tulis para ahli strategi yang dipimpin oleh David Kostin.

Di pasar lain, minyak mencatat kenaikan terbesar dalam seminggu, dengan OPEC+ bersiap untuk menegaskan kebijakan pemangkasan produksi di tengah ketegangan di Timur Tengah dan Rusia. Emas melayang mendekati rekor tertinggi.

(bbn)

No more pages