Logo Bloomberg Technoz

Anggaran IKN 2024 Capai Rp39 T, Realisasi Baru Rp2,3 T alias 5,8%

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 March 2024 13:47

Menhan Prabowo Subianto mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melihat progres pembangunan tata ruang IKN, Kalimantan Timur. (Instagram @prabowo)
Menhan Prabowo Subianto mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melihat progres pembangunan tata ruang IKN, Kalimantan Timur. (Instagram @prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melaporkan realisasi anggaran Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun ini sampai 29 Februari 2024 tercatat Rp2,3 triliun atau baru 5,8% dari total pagu anggaran yang disiapkan sebesar Rp39,3 triliun.

Sri Mulyani mengatakan penggunaan dana terdiri dari realisasi klaster infrastruktur dan non-infrastruktur, masing-masing sebesar Rp400 miliar dan Rp1,9 triliun.

“Dari (total anggaran) Rp39,3 triliun tahun ini realisasi adalah Rp2,3 triliun atau baru 5,8% dari pagu anggaran Rp39,3 triliun. Total (alokasi anggaran) IKN seluruhnya 3 tahun ini Rp71,8 triliun,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita di kantornya, Senin (25/3/2024).

Ia menjelaskan, realisasi klaster infrastruktur sebesar Rp400 miliar dari pagu sebesar Rp36,4 triliun digunakan untuk, pembangunan Gedung di Kawasan Istana Negara, Kawasan Kemenko dan Kementerian Lain serta Gedung Otoritas IKN (OIKN).

Selanjutnya  pembangunan tower rusun ASN dan Hankam, Rumah tapak Menteri, Pembangunan Jalan Tol IKN, jalan dan jembatan IKN dan bandara VVIP, hingga penataan dan penyempurnaan Kawasan Bendungan Sepaku Semoi, Embung KIPP, pengendalian banjir IKN, rehabilitasi hutan dan lahan sekitar IKN.