Logo Bloomberg Technoz

AS Berencana Tingkatkan Aliansi Keamanan dengan Jepang

News
25 March 2024 04:40

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Bertemu Presiden AS Joe Biden Menjelang KTT G-7 (Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Bertemu Presiden AS Joe Biden Menjelang KTT G-7 (Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Susanne Barton - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida diperkirakan akan mengumumkan rencana untuk merestrukturisasi komando militer AS di Jepang, Financial Times melaporkan, mengutip lima orang yang mengetahui hal tersebut.

Rencana tersebut, yang akan memperkuat perencanaan operasional dan latihan antara kedua negara, akan diumumkan ketika Biden menjamu Kishida di Gedung Putih pada 10 April, kata FT. Tindakan tersebut akan menjadi peningkatan terbesar bagi aliansi keamanan mereka sejak perjanjian pertahanan bersama ditandatangani pada tahun 1960 dan dimaksudkan sebagai tanggapan terhadap ancaman yang semakin meningkat dari Tiongkok, demikian menurut surat kabar tersebut.

Militer Jepang saat ini lebih banyak berurusan dengan komando Indo-Pasifik AS di Hawaii daripada Pasukan AS di Jepang, dan pemerintah telah lama mendorong agar ada perwira yang lebih senior di negara Asia itu.

Salah satu model yang sedang dipertimbangkan oleh pemerintahan Biden adalah membentuk gugus tugas gabungan militer AS yang akan melekat pada Armada Pasifik AS dan komandannya akan menghabiskan lebih banyak waktu di Jepang daripada saat ini, demikian menurut FT. Belum ada keputusan yang dibuat, dan model-model lain, termasuk peningkatan Pasukan AS di Jepang, mungkin sedang dipertimbangkan, surat kabar itu menambahkan.