Logo Bloomberg Technoz


Harga batu bara berjangka Newcastle —yang menjadi patokan acuan — bergerak hanya di bawah US$130 per ton, kira-kira seperempat dari nilai puncaknya, tetapi lebih tinggi dari tingkat mana pun antara 2011 dan 2020.

Sebagian besar penyebab masih larisnya batu bara berasal dari Asia. Pada 2000, Badan Energi Internasional atau International Energy Agencyl (IEA) memperkirakan negara-negara maju menyumbang hampir setengah dari konsumsi batu bara.

Pada 2026, China dan India saja akan mencapai lebih dari 70% total konsumsi batu bara dunia.

Kedua negara besar tersebut, dan Indonesia, mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga batu bara baru sebesar 59 gigawatt pada tahun lalu, dan meluncurkan atau menghidupkan kembali proposal untuk pembangkit listrik tenaga batu bara baru sebesar 131 gigawatt – sekitar 93% dari total pembangkit listrik dunia, menurut Global Energy Monitor.

“Anda lihat di Asia, permintaan dan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara, khususnya di India – batu bara tidak akan kemana-mana dalam waktu dekat,” kata Rob Bishop, CEO perusahaan pertambangan asal Australia, New Hope Corp, dalam sebuah wawancara.

Tindakan ini akan menjadi pembenaran bagi para eksekutif sektor bahan bakar fosil, yang telah lama menentang kemungkinan peralihan secara cepat dari pembangkit listrik intensif karbon, dengan menunjukkan manfaat dari segi keandalan dan biaya. 

Penyebutan daya apung batu bara membuat CEO Saudi Aramco Amin Nasser mendapat tepuk tangan meriah pada konferensi energi besar di Houston pekan lalu.

Hal ini bukanlah kabar baik bagi upaya mengurangi emisi karbon dan mencapai tujuan iklim global.

Proyek pembangkit listrik berbasis batu bara didominasi Asia./dok. Bloomberg


Selama bertahun-tahun, para analis memperkirakan produksi batu bara akan mencapai titik tertinggi setelah mencapai rekor tertinggi pada 2013. Namun, pendanaan mulai berkurang. Kemudian tibalah periode 2021, krisis listrik di China membuat Beijing mengambil jalur untuk memerintahkan lebih banyak penambangan si batu hitam guna menjamin keamanan energi.

Pada 2022, invasi Rusia ke Ukraina dan pemadaman listrik selama gelombang panas di India makin meningkatkan permintaan batu bara. Pada tahun lalu, produksi telah meningkat hingga mencapai rekor 8,7 miliar ton, menurut IEA.

Angka tersebut diperkirakan turun pada tahun ini. Namun, IEA memperkirakan produksi akan stabil pada 2026 – sejalan dengan perkiraan industri akan perpisahan yang lama.

Di China, yang memproduksi dan mengonsumsi separuh batu bara dunia, para penambang kesulitan mempertahankan tingkat pertumbuhan setelah meningkatkan produksi sebesar 21% selama tiga tahun terakhir menjadi 4,7 miliar ton.

Cadangan berbiaya rendah sebagian besar telah dimanfaatkan, sehingga perusahaan-perusahaan menggali tambang yang lebih dalam dan lebih mahal. Jumlah korban jiwa juga mulai meningkat setelah bertahun-tahun mengalami penurunan.

Jumlah panel surya dan turbin angin baru yang mencapai rekor tertinggi, seiring dengan pulihnya pembangkit listrik tenaga air dan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terus meningkat, berarti energi rendah karbon kemungkinan akan melebihi pertumbuhan konsumsi listrik, menurut Pusat Penelitian Energi dan Udara Bersih.

Namun, energi ramah lingkungan juga akan menjadi sumber kehidupan batu bara, kata Zhang Hong, wakil sekretaris jenderal Asosiasi Batubara Nasional China. Energi terbarukan hanya akan dihasilkan jika cuaca memungkinkan, sehingga meskipun terdapat pilihan sumber daya listrik lainnya, batu bara yang murah dan andal akan tetap berperan.

“Periode 10 hingga 15 tahun ke depan akan tetap menjadi jendela strategis yang penting,” kata Zhang.

Timbunan batu bara di Pelabuhan Caofeidian di Tangshan, Provinsi Hebei, Tiongkok./dok. Bloomberg


India adalah satu-satunya negara di mana IEA memperkirakan produksi batu bara akan meningkat tahun ini, dengan produksi diperkirakan mencapai 1 miliar ton untuk pertama kalinya.

Perdana Menteri Narendra Modi perlu memenuhi permintaan energi yang terus meningkat sekaligus mengurangi ketergantungan pada impor yang mahal. Namun, bahkan setelah lonjakan energi terbarukan, nuklir, pembangkit listrik tenaga air, dan pilihan-pilihan lain masih belum tersedia – sehingga batu bara diperkirakan akan tetap menjadi sumber energi yang dominan setidaknya hingga akhir dekade ini.

Sementara itu, Indonesia, yang merupakan eksportir batu bara termal terbesar dunia, memperkirakan produksi akan stabil dalam dua tahun ke depan. 

Hal ini sebagian untuk memenuhi melonjaknya permintaan domestik dari sektor pengolahan nikel yang sedang booming dan haus energi, meskipun harga yang lebih rendah pada akhirnya mengurangi antusiasme.

Namun hal ini juga merupakan bukti sulitnya mempercepat habisnya pasokan batu bara karena negara-negara mempunyai pembangkit listrik yang lebih baru, meningkatnya permintaan energi, dan kebutuhan mendesak untuk menciptakan lapangan kerja.

Pada2022, Jakarta menyetujui kesepakatan ramah lingkungan senilai US$20 miliar dengan pemerintah dan lembaga keuangan kaya yang antara lain akan menutup pembangkit listrik tenaga batu bara lebih awal.

Namun, penghentian penggunaan batu bara ternyata jauh lebih menantang daripada yang diperkirakan. Kesepakatan penting masih ada di meja perundingan.

Tentu saja, masa hidup batu bara tinggal menghitung hari. Kemajuan dalam bidang tenaga surya dan angin telah membuat teknologi tersebut jauh lebih murah dibandingkan tenaga batu bara di sebagian besar negara di dunia, dan keuntungan serupa pada baterai dan sistem penyimpanan energi pada akhirnya dapat menjadikan energi terbarukan yang tersedia sepanjang waktu menjadi cukup terjangkau untuk mentransformasi bauran energi.

Namun untuk saat ini, transisi tersebut sedang menguji ekspektasi selama bertahun-tahun akan puncak yang cepat dan penurunan tajam yang terjadi setelahnya.

“Kami melihat bahwa dunia membutuhkan lebih banyak operator untuk menambang batu bara dan mendukung transisi selama beberapa dekade mendatang,” kata Bishop dari New Hope.

(bbn)

No more pages