Logo Bloomberg Technoz

"Secara emosional mereka kan sudah lama kenal, sama-sama dari Golkar keduanya, pecahan dari Golkar jadi tidak ada sekat ketika untuk bergabung juga. Apalagi juga Kemudian dari sisi NasDem kan belum pernah jadi oposisi semenjak didirikan, selalu menjadi bagian dari pemerintahan, jadi ya akan juga mudah menyambutnya, dengan senang hati," tutur dia. 

Seperti diketahui, Prabowo Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden terpilih dalam hasil Pemilu 2024, Rabu (20/3/2024) malam.

Adapun dalam penetapannya, KPU merinci perolehan suara Prabowo-Gibran mengantongi 96.214.691 suara atau setara 58,6% dari total suara sah nasional yaitu 164.227.472 suara.

Sementara itu, Partai Politik yang tergabung dalam koalisi pendukung Prabowo-Gibran yakni Koalisi Indonesia Maju (KIM) juga diketahui melenggang masuk ke Senayan. Mereka adalah Golkar, Gerindra, PAN dan Demokrat.

Partai Golkar tercatat memperoleh 15,28%; Partai Gerindra sebesar 13,22%; Partai Demokrat 7,43%; dan PAN mendapat 7,23% suara nasional. Akan tetapi, perolehan tiap partai ini belum dikonversi menjadi kursi di DPR. Berdasarkan perkiraan lembaga survei, total kursi koalisi ini akan berkisar 42-45%.

(prc/frg)

No more pages