Logo Bloomberg Technoz

Fenerbahce akan mengadakan rapat umum luar biasa pada 2 April untuk mempertimbangkan usulan dewan untuk meninggalkan Super Lig, sebagaimana divisi teratas negara itu disebut.

Pengunduran diri akan menjadi pukulan bagi pemegang hak siar TV BeIN Sports, unit dari perusahaan media Qatar, BeIN Media, karena hampir sepertiga dari sekitar 1,3 juta pelanggan TV sepak bola diperkirakan adalah penggemar Fenerbahce. 

Pengiklan di saluran TV BeIN termasuk perusahaan yang dimiliki oleh Ketua Fenerbahce, Ali Koc dari Koc Holding AS, termasuk Arcelik AS, Ford Otomotiv Sanayi AS, dan Yapi Kredi Bankasi AS.

Saham Fenerbahce turun hingga 4,8% menjadi 83,6 lira di Istanbul pada hari Selasa, sementara saham Trabzonspor naik hingga 1,3%, menyusul penurunan 6,8% pada hari sebelumnya. Indeks olahraga empat anggota Borsa Istanbul memperpanjang penurunan empat hari menjadi lebih dari 12%.

Menurut laporan keuangan dan investasi UEFA 2023, Super Lig adalah liga terbesar ketujuh di Eropa dengan pendapatan klub gabungan sebesar €533 juta (Rp9,1 juta).

Namun, nilai liga telah menurun dalam beberapa tahun terakhir karena kurangnya kesuksesan di Eropa dan ketiadaan sponsor besar, yang menyebabkan penurunan kualitas lapangan, profil pemain, wasit, dan manajemen federasi. 

Pada bulan Februari, pemegang hak siar TV yang ada, BeIN Media, dianugerahi tawarannya untuk membayar federasi $182 juta per tahun selama 3 tahun lagi mulai musim 2024-2025. Ini dibandingkan dengan sekitar US$90 juta yang dibayarkannya untuk musim saat ini, dan US$500 juta yang dibayarkannya ketika memenangkan lelang pada tahun 2016.

Sepak bola Turki sering kali dicemarkan oleh kekerasan, termasuk serangan yang terkadang mematikan terhadap wasit dan penggemar.

(bbn)

No more pages