Logo Bloomberg Technoz

Spekulasi 'Berbahaya' Senilai Miliaran Dolar di Saham Lithium

News
14 March 2024 14:46

Ilustrasi lithium (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi lithium (Sumber: Bloomberg)

Georgina McKay, Richard Henderson dan Paul-Alain Hunt - Bloomberg News

Bloomberg, Taruhan short (posisi jual) senilai miliaran dolar terhadap beberapa produsen lithium terbesar dunia terancam, karena kelebihan pasokan mulai menunjukkan tanda-tanda menipis.

Short position adalah istilah dalam dunia pasar modal di mana para trader memperkirakan harga saham akan turun dalam masa mendatang sehingga mereka menggunakan strategi khusus untuk memaksimalkan keuntungan di waktu yang terbatas.

UBS Group AG dan Goldman Sachs Group Inc masing-masing telah memangkas estimasi pasokan lithium di 2024 mereka dari sebesar 33% menjadi 26%. Sementara Morgan Stanley memperingatkan tentang meningkatnya risiko penurunan persediaan di China. Revisi ini dilakukan setelah harga lithium anjlok tahun lalu karena pasokan melebihi permintaan, dengan beberapa produsen memotong produksi.

Penampungan Lithium di Talison Lithium Ltd, perusahaan patungan Tianqi Lithium Corp and Albemarle Corp. Fotogtafer: Carla Gottgens/Bloomberg

Saat ini harga lithium, yang merupakan bahan utama untuk baterai kendaraan listrik, menunjukkan tanda-tanda kebangkitan setelah penurunan tajam tahun lalu membuat saham-saham perusahaan lithium bergerak turun dan menarik para short seller.