Logo Bloomberg Technoz


Adapun, realisasi beras SPHP ke ritel modern yang telah tersebar, antara lain Indomaret, Indogrosir, Hypermart, Ramayana, Ritmod Lokal, Transmart, Alfamart, Tiptop, Superindo, Lotte Mart, Foodhall, Naga, Lulu, AEON, dan Family Mart.

Sebelumnya, Bayu mengatakan jika bantuan sosial (bansos) pangan tidak berpengaruh terhadap penurunan harga beras. Hal tersebut disampaikan olehnya saat Rapat Koordinasi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan bersama kementerian dan lembaga terkait.

Bayu menyebut pemerintah telah menggelontorkan 360.000 ton beras untuk bansos, tetapi hal tersebut nyatanya tidak membawa perubahan yakni dengan turunya harga beras.

"Kalau ada yang mengatakan bantuan pangan ini tidak berpengaruh terhadap penurunan harga, benar tidak berpengaruh," kata Bayu di Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

Meski demikian, dirinya menyatakan dengan bantuan pangan ini membantu 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang sensitif terhadap harga kenaikan beras. Sementara untuk kelangkaan beras di ritel modern yang belakangan ramai terjadi, kata Bayu karena ritel hanya mengambil stok sedikit.

(prc/wdh)

No more pages