Logo Bloomberg Technoz

RI Gandeng Australia dalam Implementasi Penangkapan Karbon

Rezha Hadyan
17 March 2023 16:16

Pertambangan di Australia (Dok Bloomberg)
Pertambangan di Australia (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Indonesia menjajaki peluang kerja sama dengan Australia dalam hal penangkapan dan penyimpanan karbon atau carbon capture storage (CCS)/carbon capture utilty storage (CCUS).

Direktur Pembinaan Program Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Mustafid Gunawan mengatakan kolaborasi dengan Australia ditujukan untuk berbagi informasi tentang kebijakan dan tantangan untuk menerapkan CCS/CCUS. 

Indonesia juga ingin mengetahui mekanisme regulasi baik perizinan maupun teknik implementasi terkait di Australia.

"Pemerintah Indonesia menyadari bahwa pengembangan CCS/CCUS membutuhkan kolaborasi dari seluruh pihak terkait dan pemangku kepentingan, termasuk dari sisi teknik, keselamatan, keekonomian dan penyusunan regulasi," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (17/3/2023).

Subkoordinator Keteknikan Migas Juniarto Matasak Palilu memaparkan, Indonesia memiliki beberapa lapangan migas dengan kandungan CO2 yang tinggi, di antaranya Natuna Timur. Lapangan gas ini memiliki kandungan CO2 yang tinggi di reservoir, sehingga CCS/CCUS akan menjadi instrumen untuk meningkatkan produksi melalui CO2-EOR atau EGR.