Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Stagnan, PTBA Tebar Eskpor Batu Bara ke Luar China

Dovana Hasiana
13 March 2024 16:40

Aktivitas bongkar muat komoditas batu bara PT Bukit Asam Tbk (Dok PTBA.co.id)
Aktivitas bongkar muat komoditas batu bara PT Bukit Asam Tbk (Dok PTBA.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mulai melirik negara tujuan ekspor baru untuk penjualan batu bara ke depannya, seiring dengan proyeksi mulai menyempitnya ceruk pasar komoditas energi fosil di China.

Sekretaris Perusahaan Bukit Asam Niko Chandra mengatakan PTBA bakal memanfaatkan peluang ekspor ke sejumlah negara yang memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi, baik dari pasar eksisting maupun pasar-pasar baru.

Dalam kaitan itu, dia menyebut PTBA telah berhasil dalam mengoptimalkan negara-negara tujuan ekspor baru pada 2023, seperti Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam hingga Bangladesh.

“Pasar ekspor PTBA makin beragam. Tercatat ada beberapa pasar baru yang berhasil dioptimalkan pada 2023, di antaranya adalah Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, hingga Bangladesh,” ujar Niko saat dihubungi Bloomberg Technoz, Rabu (13/3/2024).

Selain itu, Niko melanjutkan, PTBA akan memaksimalkan potensi pasar dalam negeri untuk mendongkrak penjualan selain mencari dan memanfaatkan pasar-pasar baru untuk ekspor.