Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Reda, Argentina Pangkas Bunga Acuan dari 100% jadi 80%

News
12 March 2024 11:00

Bank Sentral Argentina di Buenos Aires. Fotografer: Erica Canepa/Bloomberg
Bank Sentral Argentina di Buenos Aires. Fotografer: Erica Canepa/Bloomberg

Patrick Gillespie - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral Argentina secara tak terduga memangkas suku bunga acuan menjadi 80% dari 100%. Pejabat Bank sentral melihat inflasi bulanan mulai mereda saat nilai tukar peso terus menguat terhadap dolar AS di pasar paralel. 

Meskipun inflasi tahunan lebih dari 250%, otoritas moneter mengutip berbagai faktor dalam menjelaskan pemangkasan tersebut pada Senin malam, termasuk peningkatan cadangan devisa yang stabil. Sejak pelantikan Presiden Javier Milei pada 10 Desember, Gubernur Bank Sentral Argentina Santiago Bausili telah membeli US$9,6 miliar mata uang dolar AS di pasar mata uang negara ini untuk membantu memulihkan persediaan uang tunai yang dibutuhkan untuk menstabilkan peso, menurut pernyataan bank.

Badan statistik Argentina akan mempublikasikan angka inflasi bulan Februari pada hari Selasa. Para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan kenaikan harga konsumen akan mencapai 15% di bulan ini, terus mendingin dari 21% di bulan Januari dan 26% di bulan Desember. Namun, secara tahunan, inflasi kemungkinan akan melampaui 280%.