Logo Bloomberg Technoz

Adapun saat ini laju Bitcoin ada pada level US$72.272 atau meroket 5,7% dalam 24 jam ini, dan dalam sepekan menguat hingga menyentuh 5,8%. Menariknya di sepanjang 2024, Bitcoin telah melesat dengan kenaikan 71% ytd.

Tren positif juga terjadi pada Cardano ADA mencapai 8,7% dalam 24 jam, dan sudah mulai menguat 1,5% dalam sepekan menuju harga US$0,7638.

Dogecoin DOGE milik Elon Musk ada di posisi ke-lima pada daftar aset kripto paling menguat, adapun angka penguatannya mencapai 7,5%, dan secara sepekan melemah 12% pada harga US$0,1774.

Selanjutnya, Solana SOL terbang 6,91% dalam 24 jam, adapun dalam sepekan menguat 13% dengan harga US$148,95.

Ethereum ETH juga dalam tren Bullish dengan kenaikan 6% dalam 24 jam menuju US$4.058,06, dan mencatatkan penguatan 11,4% dalam sepekan.

ETH juga mendapatkan momentum seputar kabar US Securities and Exchange Commission yang digadang-gadang tidak lama lagi akan menerbitkan Exchange Traded Fund Ethereum Spot. Melonjaknya permintaan untuk ETF Bitcoin Spot yang telah disetujui pada Januari telah menjadi katalis kedua untuk reli ETH lebih dari 70% tahun ini.

Toncoin TON dan Polkadot DOT juga kompak ada di zona hijau dalam 24 jam. Dengan masing-masing mencatatkan angka kenaikan 24,4% dan 7,7%.

Sentimen Aset Kripto

Bitcoin mengalami peningkatan luar biasa, meroket 71% sepanjang tahun di mana capaian terjadi pada Selasa waktu pukul 9.05 waktu Indonesia, dengan Alternatif koin lain juga ikut mengalami pergerakan yang agresif seperti Ethereum, Solana, dan Avalanche juga naik.

Terdapat tiga faktor utama yang jadi penggerak harga Bitcoin. Pertama, persetujuan ETF Bitcoin Spot yang terjadi sejak awal Januari, mendorong peningkatan arus pembelian. Kedua, pasar juga mempercayai Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) akan mulai melonggarkan kebijakan suku bunga acuan.

Faktor selanjutnya, ancang-ancang “Halving” berikutnya yang akan terjadi pada April.  Halving atau Halvening adalah rencana pengurangan imbalan yang diterima penambang atau miner. Halving terjadi setiap empat tahun atau lebih tepatnya, setiap 210.000 blok transaksi.

Pergerakan Harga Bitcoin 2010-2024 (Bloomberg)

Pada Halving bulan depan di 2024 ini, imbalan dijadwalkan turun menjadi 3,125 koin. Sebelumnya pada 2020 turun menjadi 6,25, pada 2016 12,5 Bitcoin. Pada pemangkasan perdana tahun 2012, pemotong dari 50 menjadi 25 Bitcoin per blok.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, Founder penasihat Blockchain Venn Link Partners Cici Lu McCalman menyampaikan bahwa ETF Bitcoin Spot membawa basis investor yang beragam dan stabil. Total dana yang masuk ke industri melalui produk ETF mencapai US$8,6 miliar, berdasarkan catatan Bloomberg. 

iShares Bitcoin ETF BlackRock (IBIT–BlackRock) dalam catatan berhasil mengakumulasi arus dana masih sekitar US$788,3 juta dan merupakan rekor baru pada Selasa dalam arus masuk hari ke-37 secara berturut-turut.

Hal Mendasar Tentang Bitcoin

Bitcoin menjadi bahan perbincangan masyarakat dunia, dengan sifat yang unik seperti yang diinginkan penciptanya, Satoshi Nakamoto yang merupakan nama samaran. Satoshi mengaitkan pembuatan koin bertujuan untuk mencegah pemalsuan.

Patut diingat dengan cermat, Bitcoin adalah investasi yang berisiko amat tinggi. Harganya bergerak sangat fluktuatif. Meski banyak disebut sebagai mata uang, Bitcoin sejatinya tidak memiliki bentuk fisik. 

Penambang menghasilkan koin Bitcoin lewat pekerjaan mining atau pertambangan yang dengan kalkulasi rumit yang memvalidasi transaksi pada sebuah Blockchain, yang bertindak sebagai buku besar–ledger.

Jumlah penambang semakin bertambah seiring dengan tren kenaikan harga Bitcoin. Mereka saling bersaing untuk mendapat satu koin Bitcoin atau block reward.

(fad/wdh)

No more pages