Logo Bloomberg Technoz

2. Jualan Takjil dan Minuman Segar

Waktu berbuka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu. Setelah berpuasa seharian, setiap orang membutuhkan makanan atau minuman untuk berbuka. Anda dapat memanfaatkan momen ini sebagai peluang bisnis. Takjil dan minuman segar adalah hidangan yang biasanya banyak dibeli untuk berbuka puasa.

Anda dapat memulai menjual takjil dan minuman segar di halaman rumah, di pinggir jalan, atau membawanya ke tempat kerja untuk ditawarkan kepada teman-teman. Selain menambah penghasilan, menjual takjil juga membantu orang berbuka di tengah kesibukan mereka.

Pedagang melayani pembeli di pasar Ramadan Benhil, Jakarta Pusat, Jumat (24/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

3. Menjual Buah-Buahan

Saat berpuasa, buah-buahan pencuci mulut sangat dicari untuk menjaga tubuh tetap segar. Selain itu, buah-buahan juga diperlukan oleh orang yang membuat takjil sendiri, seperti kolang-kaling, timun suri, dan es blewah.

Bisnis ini akan menguntungkan. Untuk modalnya, tergantung dari jumlah yang ingin Anda jual.
Bagi yang tertarik, lebih baik membeli langsung dari petani untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Perlengkapan Ibadah

Banyak orang menjalankan ibadah tambahan selama bulan Ramadan. Untuk itu, perlengkapan ibadah menjadi penting.

Anda dapat menjual perlengkapan ibadah seperti tasbih, Al Quran, sajadah, mukena, kopiah, dan sebagainya. Perlengkapan tersebut dapat dijadikan peluang bisnis selama bulan puasa Ramadan 2024.

5. Menjual Pakaian Muslim

Bulan Ramadan adalah waktu di mana pria dan wanita menggunakan pakaian muslim secara khusus.

Jika usaha pakaian muslim ini berhasil, Anda dapat menjadikannya sebagai bisnis tetap.
Ada berbagai cara untuk memulai usaha ini, bahkan tanpa modal sama sekali. Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller.

6. Kue Kering

Kue kering seperti nastar atau putri salju adalah usaha yang cocok untuk bulan Ramadan 2024. Usaha ini cocok bagi yang memiliki passion dalam dunia baking.

Anda dapat mencoba membuatnya terlebih dahulu sebelum hari lebaran tiba. Setelah itu, tawarkan kue kering buatan Anda kepada rekan kerja, tetangga, dan keluarga.

Anda juga dapat menggunakan sistem penjualan reseller dengan melibatkan kerabat atau teman-teman untuk menjual produk Anda.

7. Parsel

Anda juga dapat menawarkan jasa pembuatan parsel menjelang lebaran. Anda bisa menawarkan berbagai jenis parsel dengan isian yang berbeda, seperti kue kering, makanan ringan, biskuit, hingga sembako.

8. Ketupat

Ketupat sering dijadikan simbol Hari Raya Idul Fitri. Di tengah bulan puasa, ketupat biasanya dimakan bersama opor ayam atau sayur labu siam.

Jika Anda bisa membuat ketupat, Anda dapat mencoba menjualnya. Modalnya tidak besar, hanya dengan Rp 1.000 per ketupat, tetapi dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi.

9. Kurma

Makan kurma saat berbuka puasa adalah sunnah rasul. Kurma juga baik untuk kesehatan karena dapat mengembalikan tenaga setelah berpuasa seharian.

Anda dapat memanfaatkan momen ini dengan menjual kurma di depan rumah, di lingkungan sekitar, ikut bazar Ramadan, atau melalui media sosial.

Pastikan kurma yang Anda jual sudah memiliki izin dari supplier atau distributor besar.

Buah Kurma (Envato/bondarillia)

10. Es Buah

Setelah seharian berpuasa, banyak orang menginginkan minuman yang menyegarkan, seperti es buah yang selalu laris di pasaran.

Banyak aneka minuman yang dapat menjadi pilihan dari menu jualan Anda, seperti es blewah, timun suri, hingga es teler. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan sebuah promosi dimana pembeli yang membawa wadah sendiri akan mendapatkan diskon.

11. Produk Kecantikan

Tidak hanya penampilan dalam berbusana, banyak orang juga ingin terlihat maksimal saat Hari Raya. 

Oleh karena itu, produk kecantikan menjadi sangat diminati selama Ramadan. Anda bisa mencoba menjadi reseller produk makeup atau skincare umum seperti lipstik, eyeshadow, atau sheet mask.

Pastikan untuk memperhatikan izin BPOM dan melakukan analisis SWOT agar bisnis berjalan lancar.

12. Rental Mobil

Saat Hari Raya tiba, banyak orang merayakannya dengan mudik atau pulang ke kampung halaman.

Namun, tidak semua orang memiliki mobil pribadi, tetapi enggan menggunakan transportasi umum.
Sehingga, mereka lebih memilih untuk menyewa mobil untuk mudik.

Jika Anda tertarik menjalankan usaha rental mobil, pastikan untuk:

* Membuat surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan materai oleh kedua belah pihak.
* Meminta informasi data pribadi lengkap dari penyewa.
* Memasang alat pelacak GPS pada mobil.        

13. Cuci Kendaraan

Tidak hanya rental mobil, jasa pencucian kendaraan juga memiliki potensi besar sebagai ide bisnis di bulan puasa Ramadan 2024. Banyak orang mencari jasa cuci kendaraan menjelang mudik agar kendaraan mereka bersih saat ditinggalkan.

Anda juga perlu mempertimbangkan bahwa kendaraan yang kotor tidak hanya mengganggu tampilan, tetapi juga dapat merusak mesin di dalamnya. Oleh karena itu, jasa cuci kendaraan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

14. Penitipan Kendaraan

Ide bisnis terkait kendaraan selama bulan Ramadan adalah jasa penitipan mobil. Usaha ini cocok bagi Anda yang memiliki lahan parkir besar yang tidak terpakai.

Banyak orang khawatir meninggalkan kendaraan pribadi mereka saat mudik, sehingga usaha ini tidak hanya memberikan keuntungan tetapi juga membantu sesama.

15. Jasa Penukaran Uang

Menjelang lebaran, jasa penukaran uang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak orang ingin menukar uang besar menjadi uang kecil untuk dibagikan kepada keluarga di kampung.

Karyawan merapihkan uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

16. Penyaluran Asisten Rumah Tangga (ART)

Banyak asisten rumah tangga yang pulang kampung saat Lebaran. Anda yang biasanya dibantu oleh ART di rumah akan kesulitan menjalankan pekerjaan rumah sendiri. Maka dari itu, banyak orang mencari infal atau ART sementara untuk membantu selama bulan Ramadan.

17. Usaha Laundry

Dengan banyaknya ART yang pergi mudik, Anda yang biasanya mendapat bantuan untuk mengurusi rumah akan kesulitan, termasuk mencuci pakaian. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang menggunakan jasa laundry.

Usaha laundry adalah usaha dengan modal kecil yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

18. Jasa Custom Amplop

Tradisi memberikan uang tunjangan Hari Raya (THR) terasa kurang lengkap tanpa amplop. Selain menjual amplop biasa, Anda juga dapat menawarkan amplop custom yang dapat disesuaikan dengan nama penerima THR.

Anda juga dapat membuat amplop yang memungkinkan pemberi THR untuk menuliskan pesan personal pada amplop tersebut. Hal ini dapat membuat hadiah menjadi lebih berkesan.

19. Produk Kesehatan

Selain perabotan rumah, produk kesehatan juga mengalami peningkatan transaksi selama bulan Ramadan. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit selama berpuasa, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan, terutama di tengah pandemi seperti sekarang.

Anda dapat menawarkan berbagai produk kesehatan, seperti suplemen makanan, vitamin, dan minuman herbal seperti jamu. Pastikan semua barang yang Anda jual sudah memiliki izin BPOM dan bersertifikasi Halal MUI.

(red/ain)

No more pages