Logo Bloomberg Technoz

DKI Jakarta Akan Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 14 Maret

Dinda Decembria
08 March 2024 14:30

Peta prediksi curah hujan harian di Indonesia (DOK BMKG)
Peta prediksi curah hujan harian di Indonesia (DOK BMKG)

Bloomberg Technoz, Jakarta - DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya akan berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun X Pemprov DKI Jakarta, @DKIJakarta, menyampaikan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat akan terjadi dari 8 Maret hingga 14 Maret mendatang. 

'"Berdasarkan siaran pers BMKG, hasil analisis terkini mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas SEDANG-LEBAT yang disertai kilat/angin kencang pada 08-14 Maret 2024 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya," pernyataan yang diunggah pada Jumat (8/3/2024). 

BMKG menjelaskan kondisi tersebut dipicu oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif di wilayah Indonesia. 

"Peningkatan kecepatan angin dari utara Indonesia hingga melintasi equator melalui Selat Karimata yag mengindikasikan aktivitas Cross Equatorial Northerly Surge (CENS). Potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya - selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan angin di Indonesia bagian selatan," terangnya dalam akun itu. 

Cuaca ekstrem di Jakarta. (Sumber: Pemprov DKI Jakarta)