Logo Bloomberg Technoz

Bitcoin telah mengalami rebound yang menakjubkan tahun ini di tengah permintaan yang kuat dari dana baru yang diperdagangkan di bursa AS dan penurunan pertumbuhan pasokan token. Pada titik tertingginya pada hari Selasa, Bitcoin naik sekitar 63% sejauh ini pada tahun 2024, mengungguli saham global dan menyebarkan optimisme di pasar aset digital.

Ironisnya, kebangkitan Bitcoin sebagian besar disebabkan oleh regulator yang telah lama dipandang memusuhi kripto: Komisi Sekuritas dan Bursa AS. SEC menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa spot Bitcoin pada awal Januari setelah mengalami kekalahan hukum tahun lalu dalam upayanya untuk menolak dana tersebut. Langkah ini telah memperluas aksesibilitas pasar massal Bitcoin, membantu sektor kripto membalikkan keadaan setelah pasar bearish pada tahun 2022 dan serangkaian kebangkrutan berikutnya, termasuk ledakan bursa FTX Sam Bankman-Fried.

Aliran uang terus mengalir ke ETF yang diterbitkan oleh perusahaan investasi kelas berat termasuk BlackRock Inc. dan Fidelity Investments. Arus masuk bersih sebesar hampir US$8 miliar dalam waktu kurang dari dua bulan bertabrakan dengan penurunan pertumbuhan pasokan Bitcoin – yang dikenal sebagai halving – yang juga memicu sentimen bullish.

“Menembus level tertinggi sepanjang masa, dengan momentum ETF spot saat ini serta narasi halving yang akan datang, kemungkinan akan membangkitkan FOMO yang sebenarnya – ketakutan akan ketinggalan – di antara para pelaku pasar yang saat ini mengamati pasar dari pinggir lapangan,” kata Stefan von Haenisch, kepala dari berdagang di OSL SG Pte.

Kembalinya Bitcoin yang dimulai pada awal tahun 2023 telah meningkatkan nilai pasar aset digital secara keseluruhan menjadi sekitar $2,6 triliun. Kebangkitannya dari titik terendah pada bulan November 2022 menutup siklus pertumbuhan menuju pertumbuhan pesat (bust-to-boom) yang menyebabkan industri yang dilahirkannya berubah secara permanen.

Bitcoin mencapai puncak sebelumnya di US$68.991 pada 10 November 2021, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, didukung oleh stimulus moneter dan fiskal yang dikerahkan pemerintah di seluruh dunia untuk mengatasi dampak Covid-19. Reli ini sebagian didorong oleh para penganut kripto yang dikenal dengan mantra “HODL,” yang merupakan hasil dari kesalahan ejaan “hold” yang kemudian diadopsi sebagai akronim dari “hold on for dear life.”

(bbn)

No more pages