Logo Bloomberg Technoz

Marves: Investasi Tesla Tak Ada Kabar, BYD Jadi Pelipur Lara

Sultan Ibnu Affan
01 March 2024 13:30

Tesla. (Dok: Bloomberg)
Tesla. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) kembali merespons soal rencana investasi raksasa produsen mobil listrik atau electric vehicle (EV), Tesla Inc, milik Elon Musk.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto tidak menampik, hingga saat ini, pemerintah  memang masih belum menerima kepastian investasi Tesla di Tanah Air.

Meski begitu, kata Seto, pemerintah saat ini telah bersyukur atas kedatangan kompetitor terbesar Tesla asal China, BYD, yang telah resmi melantai di Indonesia awal tahun ini. Kedatangan BYD itu pun diharapkan membuat ekosistem pasar EV Indonesia kian kompetitif.

"Belum ada [kepastian dari Tesla]. Kalau saya lihat, sekarang dengan adanya BYD, nanti kompetisinya di dalam negeri jadi lebih menarik, karena di luar negeri kan over harga EV-nya. [Di Indonesia] lebih kompetitif, ada yang Rp400 juta, ada yang Rp500 juta" ujarnya saat ditemui, Kamis  (29/2/2024).

Sementara itu, lanjut Seto, rerata harga mobil EV Tesla dinilai masih terbilang cukup mahal dibandingkan dengan berbagai pasar EV di dalam negeri.