Logo Bloomberg Technoz

Putin Peringatkan NATO Risiko Konfrontasi Nuklir atas Ukraina

News
29 February 2024 20:20

Vladimir Putin. (Dok: Bloomberg)
Vladimir Putin. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan potensi konfrontasi nuklir atas perangnya di Ukraina karena ia meningkatkan ancaman terhadap Barat atas dukungannya terhadap Kyiv.

"Ada pembicaraan tentang pengiriman pasukan militer NATO ke Ukraina. Kami ingat nasib mereka yang mengirim pasukan mereka ke negara kami dan kali ini konsekuensi bagi para calon intervensionis akan jauh lebih tragis," kata Putin kepada para anggota parlemen dan pejabat tinggi di Moskow dalam pidato tahunannya di hadapan Majelis Federal pada Kamis.

Sekutu-sekutu AS dan Eropa Ukraina "harus memahami bahwa kami juga memiliki senjata yang dapat mencapai target di wilayah mereka dan semua ini benar-benar mengancam konflik dengan penggunaan senjata nuklir, dan oleh karena itu penghancuran peradaban," kata Putin, setelah membuat daftar rudal-rudal strategis Rusia yang sedang digunakan dalam dinas militer.

Sebagian besar pidato utama Putin merupakan manifesto pemilihannya untuk pemungutan suara pada 15-17 Maret yang akan memperpanjang kekuasaannya selama hampir seperempat abad selama enam tahun. Hal ini terjadi ketika pasukan Rusia bergerak maju di Ukraina, yang sedang berjuang untuk memasok pasukannya dengan amunisi sementara lebih dari 60 miliar dolar AS dalam bentuk bantuan militer AS tertahan di Kongres di tengah-tengah perselisihan politik.