Logo Bloomberg Technoz

Momentum empat tahun sekali dipercaya telah membantu memperpanjang reli berkepanjangan hingga juga memicu minat spekulatif terhadap token alternatif atau bernilai lebih kecil, seperti Ether dan Dogecoin.

Nilai pasar Bitcoin meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak awal tahun lalu, mengalami pembalikan arah dari penurunan 64% pada tahun 2022. Ini adalah fase kebangkitan yang luar biasa dari serangkaian skandal dan kebangkrutan industri kripto. Pertanyaan lanjutan adalah bagaimana  kelangsungan hidup aset digital ini. 

Token digital melonjak meskipun investor telah mengurangi ekspektasi untuk kebijakan moneter yang lebih longgar tahun ini, yang dibuktikan dengan kenaikan imbal hasil obligasi AS. Bitcoin telah mengungguli aset tradisional seperti saham dan emas pada tahun 2024.

“Pembalikan ini semakin mengesankan mengingat bank sentral mengisyaratkan bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga tinggi untuk sementara waktu, mengikis teori bahwa kenaikan kripto berikutnya akan didorong oleh penurunan suku bunga,” kata Michael Safai, co-founder Dexterity Capital. 

Arus dana masuk secara besar-besaran ke dalam ETF Bitcoin telah mendorong beberapa pengamat industri memperingatkan adanya tekanan pasokan yang membayangi.

Pasalnya koin-koin baru dari para penambang tidak dapat memenuhi permintaan. Sekitar 80% pasokan Bitcoin belum berpindah tangan dalam enam bulan terakhir, yang berpotensi memperburuk tekanan dan menambah tekanan harga, kata para analis.

(bbn)

No more pages