Logo Bloomberg Technoz

Karbon Eropa Turun 5% ke Level Terendah dalam Lebih dari 2 Tahun

News
19 February 2024 19:40

Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)
Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)

William Mathis - Bloomberg News

Bloomberg, Karbon Eropa turun di bawah €55 per ton untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun terakhir. Pasalnya harga gas yang turun, ditambah dengan cuaca sejuk dan melonjaknya produksi energi terbarukan mengurangi permintaan izin untuk melakukan polusi.

Hal ini memperpanjang penurunan lebih dari 30% untuk patokan karbon berjangka sepanjang tahun ini. Ini adalah penurunan yang membalikkan ekspektasi selama bertahun-tahun bahwa harga karbon Uni Eropa hanya akan naik karena blok tersebut meningkatkan target iklimnya.

Karbon berjangka untuk Desember turun sebanyak 5,3% pada Senin pagi menjadi €54,17 per ton di bursa ICE Endex, terendah sejak Oktober 2021.

Beberapa pelaku pasar memperkirakan penurunan akan terus berlanjut. Minat terbuka untuk opsi bahwa karbon akan turun di bawah €50, telah melonjak tahun ini menjadi lebih dari 10.000 lot, level yang hampir 10 kali lipat dari awal Desember. Manajer hedge fund veteran Per Lekander mengatakan kepada Bloomberg minggu lalu bahwa izin tersebut seharusnya bernilai sedikitnya €35 per ton.