Logo Bloomberg Technoz

Jepang Akan Berikan Paket Bantuan Rekonstruksi untuk Ukraina

News
19 February 2024 13:50

Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)
Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)

Momoka Yokoyama - Bloomberg News

Bloomberg, Jepang mengadakan konferensi mengenai rekonstruksi di Ukraina pada Senin. Tokyo berjanji untuk menawarkan bantuan kepada Kyiv di tujuh sektor, termasuk pembersihan ranjau dan pertanian.

Tidak ada angka moneter yang dirilis secara resmi untuk paket bantuan tersebut, namun Kyodo News melaporkan pada awal bulan ini bahwa bantuan tersebut akan bernilai sekitar ¥15,8 milyar (US$105 juta), mengutip sumber-sumber yang tidak disebutkan.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal pada Senin setelah pertemuan tersebut. Perkiraan total kerugian perang Ukraina meningkat menjadi hampir US$499 miliar pada akhir 2023, kata Shmyhal pada akhir pekan lalu di Telegram.

Senat AS menyetujui sebuah rancangan undang-undang bulan ini yang mencakup US$60 miliar dalam bentuk bantuan perang untuk Ukraina. Namun, RUU ini menghadapi perjuangan berat di DPR yang dikuasai Partai Republik. Uni Eropa menyetujui paket bantuan €50 miliar bulan ini setelah Hungaria membatalkan penolakannya.