Logo Bloomberg Technoz

Jawaban Jokowi Soal Inisiator Pertemuan dengan Surya Paloh

Pramesti Regita Cindy
19 February 2024 12:00

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (Dokumentasi Gerindra)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (Dokumentasi Gerindra)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan respon soal polemik pihak yang menjadi inisiator pertemuan dirinya dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. 

"Saya kita dua-duanya [Jokowi dan Surya Paloh] perlu. Enggak siapa mengundang siapa. Enggak perlu," kata Jokowi dilansir Sekretariat Presiden, Senin (19/2/2024).

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, pertemuan Jokowi dan Surya Paloh berawal dari surat permohonan bertemu dari ketua umum Partai Nasdem tersebut kepada presiden. Jokowi pun baru mengabulkan permintaan tersebut dengan menyiapkan waktu pada Ahad Malam (18/2/2024).

Sejumlah politikus Nasdem kemudian angkat bicara dan menolak tuduhan Ari Dwipayana. Mereka mengklaim bosnya pergi ke Istana Negara karena memang mendapat panggilan dari presiden.

Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh memang sensitif dari sisi politik. Pada saat ini Nasdem bersama rekan-rekannya di koalisi pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, tengah sibuk mengawal hasil penghitungan suara Pemilu 2024.

Kiri-kanan: Anies Baswedan, Surya Paloh dan A Muhaimin Iskandar (Cak Imin).. (Tangkapan Layar via Instagram @dpp_pkb)