Logo Bloomberg Technoz

10 Warga Lebanon Tewas, Hizbullah Luncurkan Roket ke Israel

Redaksi
16 February 2024 14:40

Ilustrasi Roket (Sumber: Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)
Ilustrasi Roket (Sumber: Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kelompok Hizbullah mengatakan mereka telah menembakkan "puluhan roket" ke wilayah Kiryat Shmona di bagian utara Israel. Serangkaian serangan roket itu adalah tindak balas Hizbullah atas kematian 10 warga sipil yang diakibatkan oleh dua seri serangan Israel ke wilayah Lebanon selatan.

Kelompok Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon mengumumkan, seperti dilansir Reuters, Jumat (16/2/2024), bahwa mereka telah menyerang wilayah Kiryat Shmona dengan puluhan roket sebagai "respons awal" atas kematian 10 warga sipil dalam dua serangan Israel di Nabatieh dan Sawana.

Serangan terhadap daerah perkotaan padat yang jauh dari perbatasan, seperti Nabatieh, tergolong jarang terjadi.

Sebagaimana dilaporkan oleh petugas medis dan polisi Israel, beberapa roket menghantam wilayah Kiryat Shmona pada Kamis (15/2/2024) waktu setempat, menyebabkan kerusakan. Namun, belum ada korban yang dilaporkan sebagai akibat dari serangan tersebut.

Dalam pernyataan sebelumnya, militer Israel menyatakan bahwa mereka melakukan "serangan udara yang tepat sasaran" di Nabatieh pada Rabu (14/2/2024) waktu setempat dan membunuh seorang komandan unit elit Radwan, bagian dari Hizbullah, serta sejumlah anggota lainnya. Militer Israel tidak menyebutkan korban sipil.