Logo Bloomberg Technoz

Dalam menjelaskan kelemahan dalam laporan tersebut, Biro Statistik Australia (ABS) mengatakan data itu mencerminkan pola musiman karena Januari adalah bulan populer untuk pergi berlibur. Selain itu, beberapa orang yang dicap pengangguran bulan lalu sebenarnya sedang mencari pekerjaan, yang berarti tingkat pengangguran bisa turun lagi.    

RBA pekan lalu mempertahankan suku bunga acuannya di level tertinggi 12 tahun di 4,35% sambil menunggu data untuk menunjukkan arah yang pasti bagi perekonomian. Angka lapangan kerja hari ini, bersama dengan inflasi bulanan Januari yang akan dirilis minggu depan, akan membantu menentukan perdebatan kebijakan pada pertemuan RBA tanggal 18-19 Maret.

Mousina memperkirakan dewan RBA dapat menurunkan suku bunga mereka jika indikator IHK minggu depan melemah. RBA telah menaikkan biaya pinjaman sebesar 4,25 poin persentase antara Mei 2022 dan November 2023 untuk mengendalikan lonjakan harga konsumen. Meskipun inflasi tetap tinggi, namun angkanya terus menurun, mendorong taruhan untuk penurunan suku bunga.

Data hari Kamis menunjukkan pertumbuhan pekerjaan tahunan mendingin menjadi 2,6% pada Januari dari 3,7% setahun sebelumnya.

"Pelambatan pasar tenaga kerja ini mencerminkan perlambatan pertumbuhan ekonomi," kata Marion Kohler, kepala departemen analisis ekonomi di RBA, dalam pidatonya dua hari lalu. "Ditambah lagi, pasokan tenaga kerja meningkat, didorong oleh pertumbuhan penduduk yang tinggi dan partisipasi tertinggi dalam angkatan kerja."

Ke depan, RBA — yang menilai pasar tenaga kerja Australia masih ketat — memperkirakan pasar tenaga kerja akan semakin melambat, mendorong tingkat pengangguran ke 4,4% pada pertengahan 2025.

"Bagi RBA, meningkatnya tingkat pengangguran akan menjadi alasan kuat untuk membalikkan arah dan mulai menurunkan suku bunga secepatnya di kuartal kedua," ungkap James McIntyre, ekonom Bloomberg Economics.

McIntyre memperkirakan bahwa ekonomi Australia membutuhkan lebih dari 32.000 pekerjaan baru setiap bulan untuk mengimbangi angkatan kerja yang terus berkembang.

Bendahara Australia Jim Chalmers bersikap filosofis mengenai laporan tersebut dalam komentarnya setelah dirilis.

"Ini konsisten dengan ekonomi yang sedang melemah dan kami telah menjelaskannya sekarang dalam beberapa pembaruan anggaran, bahwa kami memperkirakan ekonomi akan melambat pada tahun 2024," katanya kepada wartawan di Canberra.

"Itulah yang terjadi ketika Anda mengalami kenaikan suku bunga yang bekerja melalui sistem, ketika Anda memiliki inflasi sistemik dan ketika Anda memiliki ketidakpastian ekonomi global yang ditandai dengan kekhawatiran atas China dan tentu saja dua konflik besar juga."

(bbn)

No more pages