Logo Bloomberg Technoz

Awali Pekan, Rupiah Dibuka Menguat Bersama Ringgit dan Won

Ruisa Khoiriyah
12 February 2024 09:07

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah dibuka menguat pada perdagangan di pasar spot, Senin (12/2/2024), di tengah pergerakan mayoritas mata uang Asia yang bervariasi pagi ini.

Rupiah spot dibuka menguat tipis di level Rp15.615/US$, atau naik 0,13% dari posisi penutupan pekan lalu. Rupiah yang dibuka lebih kuat tidak sendirian. Beberapa mata uang Asia lain juga terlihat bergerak menguat pagi ini.

Ringgit Malaysia memimpin penguatan dengan dibuka naik 0,16%, disusul oleh Won Korea Selatan menguat 0,11%, dong Vietnam menguat tipis 0,05% dan dolar Singapura serta yuan China juga sama-sama bergerak sedikit lebih kuat pagi ini.

Pergerakan mata uang Asia yang cenderung variasi pagi ini berlangsung di kala harga dolar AS terlihat melanjutkan pelemahan jelang rilis data inflasi Amerika Serikat Selasa esok. Indeks dolar AS melemah tipis 0,1% di tengah yield Treasury, surat utang AS, yang masih naik.

Pekan ini, akan ada banyak peristiwa dan data penting yang dinanti-nanti oleh para pelaku pasar. Dari dalam negeri, Rabu pekan ini hasil hitung cepat Pemilu dan Pilpres 2024 akan menjadi data paling panas yang ditunggu pasar.