Logo Bloomberg Technoz

Narasi Halving Angkat Harga Bitcoin ke Level Tertinggi Januari

News
09 February 2024 10:20

Ilustrasi Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Suvashree Ghosh - Bloomberg News

Bloomberg, Harga Bitcoin bertahan mendekati level tertinggi dalam satu bulan, didukung oleh tanda-tanda arus masuk yang stabil ke dalam sejumlah dana AS untuk token tersebut. Selain itu para investor kripto meningkatkan perhatian pada apa yang disebut halving yang diperkirakan akan jatuh tempo pada bulan April.

Aset digital terbesar ini stabil di US$ 45.330 pada pukul 9:33 waktu Singapura, Jumat (9/2/2024), dan mencatatkan kenaikan sekitar 7% pada tahun 2024. Token yang lebih kecil seperti Ether dan Cardano juga diperdagangkan dalam kisaran sempit.

Sembilan ETF Bitocoin yang diperdagangkan di bursa AS memulai debutnya pada 11 Januari, sementara Grayscale Bitcoin Trust yang telah berusia lebih dari satu dekade diubah menjadi ETF pada hari yang sama. Aksesibilitas ETF menjanjikan untuk memperluas basis investor untuk token tersebut. Dana baru tersebut telah menarik dana bersih senilai US$ 8 miliar sejauh ini, sementara arus keluar US$ 6 miliar dari dana Grayscale sejak konversi yang sekarang kehilangan tenaga.

"Bitcoin tampaknya akan melanjutkan kenaikannya setelah arus keluar Grayscale akhirnya meruncing," kata Caroline Mauron, salah satu pendiri penyedia likuiditas derivatif aset digital, Orbit Markets. "Narasi halving" akan mengumpulkan momentum, berpotensi membawa Bitcoin melewati $50.000 dalam beberapa minggu ke depan, katanya.