Logo Bloomberg Technoz

Tesla Hanya Jual 1 Mobil Listrik di Korsel pada Januari 2024

News
07 February 2024 14:30

Tesla. (Dok: Bloomberg)
Tesla. (Dok: Bloomberg)

Heejin Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Tesla Inc hanya menjual satu unit kendaraan listrik di Korea Selatan pada Januari 2024. Penjualan yang rendah ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kekhawatiran keamanan, harga tinggi, dan kurangnya infrastruktur pengisian daya.

Berdasarkan data dari perusahaan riset Carisyou yang berbasis di Seoul dan Kementerian Perdagangan Korea, penjualan satu unit Model Y SUV ini merupakan pencapaian terburuk Tesla sejak Juli 2022. Kala itu, tidak ada satupun kendaraan yang terjual. 

Secara keseluruhan, jumlah mobil listrik baru yang terdaftar di Korea Selatan turun 80% pada Januari dibandingkan Desember.

Lambatnya penjualan mobil listrik di Korea Selatan disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya penurunan minat konsumen akibat kenaikan suku bunga dan inflasi, kekhawatiran tentang kebakaran baterai, serta kurangnya pengisi daya cepat. Penjualan Tesla yang rendah pada Januari ini merupakan perubahan besar, mengingat Model Y buatan China menjadi salah satu mobil terlaris tahun lalu.