Logo Bloomberg Technoz

Waspada Penipuan File APK Baru, Sebar Undangan Pemilu

Redaksi
06 February 2024 15:15

Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Waspada modus penipuan gaya baru. Usai ramai pengiriman pesan undangan pernikahan dan foto paket, kini oknum penipu kerap membagikan undangan pemilu dalam wujud file apk. Hal ini terkait momentum Pemilu yang akan berlangsung minggu depan.

Kini laporan penyebaran file .apk menggunakan penamaan Undangan Pemilu atau PPS PEMILU 2024. Waspada. Ini merupakan aplikasi berbahaya karena berisi malware.

File apk sengaja disebar untuk memancing korban. File APK berisi format unik dan masih menjadi alat untuk menipu di bank digital. Jangan sekalipun mengklik pengiriman dokumen dengan akhir penamaan .apk.

Jika Anda meng-klik format file yang lazim melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp, pada ini jadi awal mula pembobolan akses ke rekening tabungan Anda.

Penipu juga bergerak cepat saat akses telah di dapat. Mereka langsung menguras dana korban dan kerap kali mengirimkan ke berbagai platform keuangan. Selain itu dengan Anda meng-klik .apk, oknum dapat mengambil data pribadi.