Logo Bloomberg Technoz

Adapun pemberi pinjaman yang didukung SoftBank Group Corp., OakNorth, juga sedang dalam pembicaraan mendetail tentang tawaran tersebut, menurut sumber.

Sektor Teknologi

Gejolak di SVB Inggris meluas ke sektor teknologi negara dan memicu kekhawatiran di antara perusahaan-perusahaan startup dan modal ventura yang khawatir kehilangan akses ke dana mereka.

Potensi pengambilalihan oleh firma Sheikh Tahnoon ini menggarisbawahi peningkatan bobot keuangan Abu Dhabi pada kancah global dan menghidupkan kembali kenangan tahun 2008, ketika salah satu monarki terkaya ini turun tangan untuk membeli saham di perusahaan-perusahaan pemberi pinjaman barat seperti Citigroup Inc.

Figur Sheikh Tahnoon telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Ia muncul sebagai tokoh bisnis paling kuat di antara bangsawan Abu Dhabi. Ia juga mengawasi sovereign wealth fund (SWF) Abu Dhabi Developmental Holding Company PJSC (ADQ)  serta pemberi pinjaman First Abu Dhabi Bank PJSC. Pekan lalu, dia ditunjuk sebagai ketua Abu Dhabi Investment Authority (ADIA).

Financial Times pun telah melaporkan sebelumnya bahwa seorang calon pembeli Timur Tengah yang tidak disebutkan namanya telah menyatakan minat untuk membeli unit SVB Inggris.

--Dengan asistensi Nicolas Parasie dan Katherine Griffiths.

(bbn)

No more pages