Logo Bloomberg Technoz

Hilirisasi Nikel Bawa Ekonomi Sulteng dan Malut Tumbuh Tinggi

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 February 2024 11:42

Pertambangan nikel./Bloomberg-Ron D'Raine
Pertambangan nikel./Bloomberg-Ron D'Raine

Bloomberg Technoz, Jakarta - Maluku Utara dan Sulawesi Tengah, pulau di mana kegiatan pertambangan dan hilirisasi berlangsung masif, menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi pada 2023, menurut data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilangsungkan pada hari ini, Senin (5/2/2024).

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar, menyebut dari 38 provinsi di Indonesia, beberapa provinsi mencatat pertumbuhan ekonomi double digit.

Maluku Utara mencatat sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi untuk kepulauan Maluku dan Papua didorong oleh lapangan usaha industri pengolahan pertambangan dan perdagangan. Pertumbuhan ekonomi di wilayah ini mencapai 20,49%.

Sementara Sulawesi Tengah menjadi sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi untuk wilayah Pulau Sulawesi. Sulawesi Tengah tumbuh hingga 11,91%.

"Pertumbuhan double digit kedua provinsi ini terutama didorong pertumbuhan yang impresif dari lapangan usaha pengolahan serta pertambangan dan penggalian," kata Amalia.

Artikel Terkait