Logo Bloomberg Technoz

Gaji Guru Cuma Rp300 Ribu, Ganjar Kasih UMP Plus 10%

Sultan Ibnu Affan
04 February 2024 20:38

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat kelima di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat kelima di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini, Minggu (4/2/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar Debat Calon Presiden (Capres) edisi terakhir. Tema debat hari ini adalah Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Ganjar Pranowo, Capres Nomor Urut 3, menyebut salah satu kunci untuk memajukan sektor pendidikan adalah kesejahteraan guru. Eks Gubernur Jawa Tengah ini menyebut pendidik perlu mendapatkan apresiasi khusus.

"Saya mau cerita pengalaman. Ketika guru SMK SLB ditanya, berapa gajinya? Rp 300.000, Pak. Sungguh tidak adil negara ini," tegas Ganjar.

Ganjar pun menyatakan bahwa pendidik layak mendapat apresiasi lebih. "Kasih sesuai UMP Jawa Tengah plus 10%," ungkapnya.

Dengan apresiasi yang layak, tambah Ganjar, pendidik bisa bekerja dengan lebih baik. "Kemudian mesti juga dibebaskan dari administrasi yang menjerat," ucapnya.