Logo Bloomberg Technoz

9 Tips Cara Agar WhatsApp Lebih Privat & Tak Mudah Dibajak

Redaksi
02 February 2024 18:10

Layanan pesan WhatsApp (Gabby Jones/Bloomberg)
Layanan pesan WhatsApp (Gabby Jones/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menjaga keamanan dan privasi WhatsApp adalah keharuan. Apalagi kini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi paling dibutuhkan banyak masyarakat.

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah menghindari mengunduh aplikasi WhatsApp tidak resmi, seperti yang dikembangkan oleh pihak ketiga atau developer di iOS ataupun Apps Store Android.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penyusupan dan agar WhatsApp Anda lebih aman.

Lebih jauh WhatsApp membagikan tips agar keamanan percakapan terjaga:

  • Aktifkan verifikasi ganda

Verifikasi dua langkah dapat melindungi akun Anda.  Setelah diaktifkan, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN 6 digit saat melakukan reset atau verifikasi akun. Cara ini tersedia dan punya manfaatkan perlindungan ekstra terhadap potensi serangan phishing dan upaya pemalsuan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Melindungi informasi sensitif via opsi pesan sementara

WhatsApp memiliki fitur satu kali lihat dan dapat dipakai untuk meningkatkan privasi dalam pengalaman pengiriman pesan. Fitur Sekali Lihat saat memungkinkan penerima melihat pesan hanya sekali, tanpa opsi untuk menyimpan, meneruskan, mengambil screenshot, atau berbagi pesan tersebut ke orang lain. Fitur ini juga tersedia untuk catatan suara.

  • Kunci chat

Seperti namanya WhatsApp kini bisa mengunci sebuah percakapan Anda dalam satu aplikasi. Tersimpan dalam folder khusus dan hanya Anda yang bisa melihatnya. Gunakan password khusus dan berbeda dari password perangkat agar privasi lebih terjaga. Jika HP Ponsel hilang dan orang lihat ingin membongkar percakapan di WhatsApp, tanpa password, oknum tersebut tidak dapat membuka.

  • Melindungi diri dari penipuan

Aktivitas penipuan kian beragam, hingga penting untuk berhenti sejenak dan berpikir jika Anda menerima pesan mencurigakan yang meminta informasi pribadi. Penting untuk memastikan apakah Anda mengenal kontak tersebut, memiliki grup yang sama dengannya, atau bahkan berasal dari negara tempat tinggal Anda? Jika ada indikasi ketidakbenaran, Anda langsung bisa memblokir kontak tersebut, juga melaporkannya kepada WhatsApp.

  • Aktifkan mode bisu untuk penelepon tidak dikenal

Panggilan dari nomor yang tidak dikenal dapat mengganggu hari Anda. WhatsApp memungkinkan Anda menetkan mode bisu. Fitur ini secara otomatis dapat mencegah spam dan panggilan spam.

  • Hanya tautkan perangkat dari sumber terpercaya

WhatsApp memberikan kemudahan untuk menautkan hingga empat perangkat ke ponsel Anda. Hal ini memungkinkan pengalaman percakapan tanpa hambatan. Namun, ketika menghubungkan perangkat Anda ke desktop menggunakan kode QR, pastikan Anda memasukkan URL web.whatsapp.com. Untuk melihat perangkat yang terhubung bisa dengan cara: Buka Pengaturan > Perangkat yang Terhubung > memilih untuk keluar dari perangkat yang tidak dikenali.

  • Lakukan pemeriksaan privasi

Jika Anda bingung mengenai pengaturan privasi mana yang sebaiknya digunakan, lakukan pemeriksaan privasi di aplikasi WhatsApp Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang fitur-fitur yang dapat menjaga agar percakapan Anda tetap aman, serta dapat mengaktifkan fitur-fitur yang Anda butuhkan, secara praktis dalam satu tempat yang sama.

  • Gunakan Aplikasi WhatsApp resmi

Unduh dan selalu perbaharui aplikasi WhatsApp pada HP ponsel Anda. Aplikasi palsu dapat menimbulkan risiko keamanan, seperti pengiriman spam, indikasi tindak penipuan terhadap orang lain tanpa sepengetahuan Anda. Jika Anda menggunakan Android dan ingin memiliki dua akun di ponsel, kini Anda bisa menambahkan akun ke-dua di satu aplikasi resmi.

  • Jadi admin untuk Grup/Komunitas

“Sebagai admin, Anda dapat menjaga agar grup atau komunitas WhatsApp Anda menjadi tempat untuk berinteraksi dan menjalin percakapan yang bermakna. Anda bisa menentukan siapa yang bisa bergabung, membatasi izin anggota untuk mengubah subjek, ikon, atau deskripsi komunitas, bahkan menghapus pesan yang tidak diinginkan atau mengeluarkan anggota,” tulis WhatsApp dalam keterangan dalam rangkaian penyambutan Safer Internet Day.