Logo Bloomberg Technoz

Pada saat itu, Apple sedang pulih dari kendala rantai pasokan yang dipicu oleh lockdown Covid di China, dan konsumen berebut untuk membeli iPhone.

"Ketika kami menghilangkan dampak ini dari pendapatan tahun lalu, kami mengharapkan total pendapatan perusahaan kami dan pendapatan iPhone pada kuartal Maret untuk serupa dengan tahun lalu," katanya dalam panggilan konferensi. Analis telah mengharapkan kenaikan penjualan 1% pada periode tersebut.

Apple sedang berjuang dengan penurunan belanja konsumen di China dan larangan pemerintah yang semakin luas terhadap teknologi asing. Kesulitan tersebut menutupi kenaikan pendapatan keseluruhan sebesar 2,1% menjadi US$119,6 miliar. Analis telah memprediksi peningkatan 1% menjadi US$118 miliar rata-rata.

Dengan pertumbuhannya, Apple berhasil menghindari pencatatan penurunan kuartal kelima berturut-turut — sebuah rentetan yang akan menjadi terburuknya sejak keterpurukan pada tahun 1990-an. iPhone merupakan titik terang selama periode tersebut, menghasilkan kenaikan pendapatan 6% dan melampaui perkiraan analis.

Laporan pendapatan ini juga datang menjelang peluncuran headset Vision Pro oleh Apple. Perangkat ini melontarkan perusahaan ke dalam kategori baru utama pertama sejak tahun 2015 sambil mengarahkan Apple ke medan yang belum dikenal: realitas virtual dan augmented. 

Kacamata 3D seharga US$3.499 tersebut memungkinkan orang menonton video, bermain game, dan melakukan pertemuan yang lebih mendalam.

CEO Tim Cook juga mengatakan bahwa Apple akan membuat pengumuman tahun ini tentang fitur kecerdasan buatan, mengkonfirmasi laporan sebelumnya oleh Bloomberg. Dengan rekan-rekan teknologi Apple yang saat ini menginvestasikan banyak uang ke dalam AI, investor telah dengan antusias menantikan pembaruan dari perusahaan tentang topik ini.

Laba kuartal pertama meningkat 16% menjadi US$2,18 per saham, melampaui perkiraan $2,11. iPhone, produk yang paling menguntungkan Apple, membawa pendapatan sebesar US$69,7 miliar, dibandingkan dengan proyeksi rata-rata sebesar US$68,6 miliar.

Model terbaru, iPhone 15, merupakan peningkatan yang lebih signifikan daripada beberapa iterasi sebelumnya — dengan versi high-endnya menambahkan bahan baru dan fitur kamera. Perusahaan ini juga memiliki waktu yang lebih mudah untuk mendapatkan produk ke konsumen dibandingkan selama liburan tahun 2022, ketika lockdown Covid di China memicu hambatan rantai pasokan. Tidak ada hambatan seperti itu kali ini.

Penjualan Apple. (Sumber: Bloomberg)

Segmen layanan Apple, yang mencakup App Store dan platform streaming, terus mengungguli divisi lainnya. Ini membawa pendapatan sebesar US$23,1 miliar selama periode liburan, naik 11% dari tahun sebelumnya. Namun, itu masih sedikit di bawah US$23,4 miliar yang diperkirakan oleh Wall Street.

Seperti yang telah diperingatkan Apple pada bulan November, iPad adalah penjual yang lemah selama liburan. Pendapatannya menurun 25% menjadi US$7,02 miliar. Analis telah memperkirakan US$7,06 miliar rata-rata.

Tidak membantu bahwa Apple tidak merilis model baru apa pun di tahun kalender terakhir — pertama kalinya hal itu terjadi sejak iPad diluncurkan pada tahun 2010. Namun, perusahaan sedang bersiap untuk memperkenalkan sejumlah iPad baru secepatnya bulan depan.

Apple menyegarkan jajaran komputernya pada bulan Oktober dengan tiga model MacBook Pro baru dan iMac baru — didukung oleh chip M3 yang lebih cepat. Itu membantu penjualan tumbuh sedikit menjadi US$7,78 miliar, tetapi masih kurang dari perkiraan US$7,9 miliar.

Pendapatan dari segmen Wearables, Home dan Accessories perusahaan — yang mencakup Apple Watch, AirPods, dan kotak set-top TV-nya — turun 11% menjadi US$11,95 miliar. Produk-produk tersebut tidak mendapatkan peningkatan signifikan tahun ini, yang mungkin telah menghambat penjualan. 

Apple juga terkena larangan penjualan di AS atas jam tangan pintar terbarunya karena sengketa paten, tetapi itu terjadi setelah musim belanja Natal. Perusahaan pada akhirnya harus menarik fitur oksigen darah dari perangkat tersebut.

Secara lebih luas, Apple sedang menghadapi salah satu periode paling bergejolak sejak Cook menjadi CEO lebih dari satu dekade yang lalu. 

Perusahaan ini menghadapi tekanan regulasi yang lebih besar dari sebelumnya, dengan hukum baru Uni Eropa yang memaksa perubahan pada kebijakan App Store mereka. Dan meskipun ada pertumbuhan penjualan kuartal terakhir, banyak dari pasar terbesar mereka sudah matang. 

Meskipun Vision Pro dapat membuka peluang baru, versi pertama produk tersebut mungkin terlalu mahal dan rumit bagi sebagian besar konsumen.

China adalah tanda tanya terbesar menjelang pengumuman pendapatan. iPhone Apple memenangkan pangsa pasar di wilayah tersebut tahun lalu, tetapi penjualan terus menurun. Negara tersebut juga merupakan pusat manufaktur utama perusahaan, menambahkan pada pentingnya bagi Apple.

"Kami terus melihat peluang signifikan bagi kami di China dalam jangka panjang," kata Maestri dalam wawancara tersebut.

(bbn)

No more pages