Logo Bloomberg Technoz

Sebuah penilaian intelijen Israel, yang dibagikan kepada AS dan media internasional, menuduh 13 pegawai UNRWA, termasuk guru dan pekerja sosial, terlibat langsung dalam pembantaian 7 Oktober. Menurut dokumen yang dilihat oleh Bloomberg News, 12 di antaranya adalah anggota Hamas atau Jihad Islam Palestina, sebuah kelompok militan lainnya; empat orang berpartisipasi dalam penculikan warga Israel; enam orang menyusup ke Israel selama invasi Hamas; dan beberapa orang membantu mengoordinasikan senjata yang digunakan dalam serangan tersebut. Israel meyakini bahwa sebanyak 10% dari seluruh pegawai UNRWA adalah anggota kelompok militan. Bloomberg News tidak dapat memverifikasi klaim-klaim ini secara independen.

2. Bagaimana tanggapan UNRWA?

UNRWA mengatakan telah memecat beberapa pegawai atas tuduhan Israel dan berjanji akan melakukan investigasi, dan bersumpah bahwa mereka yang "terlibat dalam aksi teror akan dimintai pertanggungjawaban, termasuk melalui tuntutan pidana." 

Badan PBB tersebut memohon kepada AS dan negara-negara lain untuk mengembalikan bantuan tersebut, dan memperingatkan bahwa keputusan untuk menahan dana tersebut dapat menyebabkan kelaparan di Gaza. Philippe Lazzarini, komisaris jenderal UNRWA, menyebut keputusan pemerintah untuk membekukan dana bantuan itu "mengejutkan."

3. Apa itu UNRWA?

Dibentuk pada tahun 1949, UNRWA didirikan untuk memberikan bantuan darurat kepada sekitar 750.000 warga Palestina yang melarikan diri atau dipaksa keluar dari rumah mereka dalam perang yang terjadi setelah deklarasi kenegaraan Israel. 75 tahun kemudian, UNRWA terus menghitung mereka yang masih hidup dan keturunan mereka--kelompok yang berjumlah lebih dari 5 juta--sebagai pengungsi karena tidak ada solusi permanen untuk mereka yang belum ditemukan.

Badan ini menyediakan makanan, tempat tinggal, layanan kesehatan, dan sekolah bagi para pengungsi di Tepi Barat dan Jalur Gaza, Yordania, Lebanon, dan Suriah. Sebagian besar pendanaan UNRWA berasal dari kontribusi negara-negara anggota PBB--terutama Amerika Serikat dan negara-negara Eropa--dengan beberapa biaya ditanggung oleh anggaran PBB. Permohonan anggaran tahun 2023 adalah sebesar $1,6 miliar.

4. Apa peran UNRWA di Gaza?

Empat perlima dari 2,2 juta penduduk Gaza terdiri dari orang-orang Palestina yang mengungsi akibat perang tahun 1948 dengan Israel dan keturunan mereka. UNRWA mempekerjakan lebih dari 13.000 orang di Gaza dan menjalankan jaringan sekolah dan program-program kesejahteraan.

Selama perang yang sedang berlangsung dengan Israel, UNRWA telah menawarkan tempat tinggal kepada lebih dari 1 juta orang Palestina yang melarikan diri dan layanan kesehatan darurat. Menurut komisaris jenderal UNRWA, 2,1 juta orang Palestina di Jalur Gaza sekarang bergantung pada badan tersebut "untuk kelangsungan hidup mereka."

5. Bagaimana sejarah keluhan Israel terhadap UNRWA?

Israel sebelumnya menuduh bahwa UNRWA mengizinkan Hamas menimbun senjata dan menembakkan roket dari fasilitas PBB, termasuk selama perang sebelumnya hampir satu dekade yang lalu. Lebih luas lagi, Israel menuduh UNRWA mempromosikan kebencian terhadap Israel di sekolah-sekolahnya dan mendorong pemindahan para pengungsi Palestina yang telah berlangsung selama puluhan tahun, bukannya pemukiman kembali dan rehabilitasi.

Sudah sejak lama UNRWA mengeluhkan bahwa UNRWA, tidak seperti Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi, mengizinkan keturunan tanpa batas, termasuk mereka yang lahir di negara lain atau yang telah menjadi warga negara lain, diklasifikasikan sebagai pengungsi selamanya. Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump memotong dana untuk UNRWA pada tahun 2018 karena kekhawatiran Israel; bantuan tersebut dipulihkan pada tahun 2021 di bawah Presiden Joe Biden.

(bbn)

No more pages