Logo Bloomberg Technoz

Jelang Pertemuan FOMC, The Fed Diperkirakan akan Tahan Suku Bunga

News
31 January 2024 08:10

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Steve Matthews - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan mempertahankan suku bunga stabil dalam pertemuan keempat. Akan tetapi, mereka menghindari memberi sinyal penurunan suku bunga dalam waktu dekat.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) diperkirakan akan mempertahankan suku bunga dalam kisaran 5,25% hingga 5,5% pada pertemuan kebijakan selama dua hari yang berakhir Rabu (31/1) waktu setempat, yang merupakan level tertinggi dalam 22 tahun yang pertama kali dicapai pada Juli. Keputusan suku bunga dan pernyataan yang menyertainya akan dirilis pukul 2 sore waktu Washington. Gubernur Jerome Powell akan mengadakan jumpa pers 30 menit kemudian.

Investor melihat peluang sekitar 40% bank sentral akan menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya pada Maret, hampir delapan bulan setelah kenaikan suku bunga terakhir. Akan tetapi sebagian besar pejabat The Fed mengatakan terlalu dini untuk berspekulasi tentang pivot seperti itu. 

Powell mungkin mengatakan dia senang dengan penurunan inflasi baru-baru ini sambil terus menunjukkan sedikit urgensi untuk memotong suku bunga, menunjuk ke pasar tenaga kerja yang solid dan ekonomi yang tumbuh dengan kuat.

Perkiraan Wall Street soal keputusan suku bunga The Fed. (Sumber: Bloomberg)