Logo Bloomberg Technoz

Ya. Neuralink dibangun di atas teknologi selama beberapa dekade. Tujuannya menanamkan elektroda di otak manusia untuk menginterpretasikan sinyal dan mengobati kondisi seperti kelumpuhan, epilepsi, dan penyakit Parkinson.

Salah satu perangkat awal dikenal sebagai susunan Utah dan pertama kali didemonstrasikan pada manusia pada tahun 2004. Banyak pesaing telah memasuki bidang ini, termasuk Synchron dan Precision Neuroscience.

Apakah ini legal?

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (US Food and Drug Administration) memberikan persetujuan kepada Neuralink untuk melakukan uji klinis pada manusia pada bulan Mei tahun lalu, setelah serangkaian uji coba implan pada berbagai hewan. 

Perusahaan ini dikritik habis-habisan karena pekerjaan bedahnya pada hewan, terutama primata, oleh kelompok-kelompok seperti Physicians Committee for Responsible Medicine. Lembaga ini mengatakan bahwa Neuralink gagal dalam banyak operasi tersebut.

Neuralink. (Dok: Perusahaan)

Apa yang berbeda dari perangkat Neuralink?

Perangkat Neuralink mengandung lebih dari 1.000 elektroda, jauh lebih banyak daripada implan lainnya. Perangkat ini menargetkan neuron individu, sementara banyak perangkat lain yang sedang dikembangkan menargetkan sinyal dari kelompok neuron. Jika berhasil, ini akan memungkinkan tingkat presisi yang lebih tinggi.

Cara kerja Neuralink?

Implan menempatkan cip dan perangkat elektronik lainnya di dalam tengkorak pengguna, dengan komunikasi nirkabel yang mengirimkan data sinyal otak ke aplikasi Neuralin. Kemudian menerjemahkannya ke dalam tindakan dan maksud.

Pengisian daya juga dilakukan secara nirkabel. Neuralink telah mengembangkan robot bedah yang dipesan lebih dahulu untuk melakukan prosedur implan.

Apa yang ingin dilakukan oleh Elon Musk dan Neuralink dengan cip otak?

Neuralink ingin membantu orang-orang yang lumpuh, sebagai permulaan. Pada akhirnya, Elon Musk mengatakan bahwa perangkatnya dapat membantu orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran dan penglihatan.

Miliarder ini mengatakan bahwa ia berharap suatu hari nanti implan ini dapat mencapai tujuan-tujuan futuristik seperti membantu manusia bergabung dengan kecerdasan buatan.

Apa yang akan terjadi selama uji coba otak manusia pertama Neuralink?

Uji coba ini dimaksudkan untuk membantu perusahaan mendapatkan desain yang tepat untuk perangkatnya. Tahun lalu, Neuralink mengatakan akan melakukan 11 operasi tahun ini, meskipun prediksinya terlalu optimis di masa lalu.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk penelitian ini?

Biasanya, jenis penelitian ini mendaftarkan lima sampai 10 pasien dan berlangsung hingga satu tahun. Langkah selanjutnya adalah studi kelayakan, dan kemudian studi penting, yang secara kasar analog dengan studi Fase III untuk suatu obat. Jika semuanya berjalan dengan baik, kemungkinan akan memakan waktu antara lima tahun dan satu dekade sebelum komersialisasi.

(bbn)

No more pages