Logo Bloomberg Technoz

Biden Hadapi Tekanan untuk Lawan Iran Usai Pasukan AS Tewas

News
29 January 2024 08:20

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Peter Martin dan Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joe Biden menghadapi tekanan yang semakin besar untuk menghadapi Iran secara langsung setelah proksi negara itu menewaskan tiga tentara AS dalam serangan pesawat tak berawak di Yordania, yang justru mempertaruhkan konflik regional yang lebih luas yang ingin ia hindari.

Seseorang yang mengetahui posisi AS, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena membahas diskusi-diskusi pribadi, mengatakan bahwa sudah jelas bahwa serangan yang menewaskan orang Amerika akan memaksa respons yang lebih kuat daripada apa yang telah dilakukan AS sejauh ini dalam minggu-minggu sejak militan Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober dan menyulut konflik baru di Timur Tengah.

Salah satu kemungkinannya adalah tindakan rahasia yang akan membuat AS menyerang Iran tanpa mengklaim pujian untuk itu, tapi tetap mengirimkan pesan yang jelas. Pemerintahan Biden juga dapat menargetkan pejabat Iran secara langsung, seperti yang dilakukan mantan Presiden Donald Trump ketika dia memerintahkan pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani di Baghdad pada tahun 2020.

Pasukan militer AS (Dok: Bloomberg)

Terlepas dari hasilnya, serangan itu memberi Biden keputusan yang akan menjadi salah satu keputusan paling penting dalam masa kepresidenannya. Dia ingin menghukum para pelaku serangan dan menghalangi Iran dari tindakannya di wilayah tersebut. Namun, hal ini dapat menempatkan AS ke dalam konfrontasi langsung dengan kepemimpinan di Teheran, yang telah berani di wilayah tersebut sejak serangan Hamas, meluncurkan serangan di Irak dan Pakistan.