Logo Bloomberg Technoz

Kinerja ekonomi ini tercermin dalam pasar saham masing-masing negara. Saham AS telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa minggu ini, sementara ekuitas China terjebak dalam kehancuran pasar bearish senilai lebih dari US$6 triliun.

Grafik pertumbuhan ekonomi China. (Sumber: Bloomberg)

Awalnya semua tidak diperkirakan akan seperti ini. Pada awal tahun lalu, AS diperkirakan akan jatuh ke dalam resesi karena Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga untuk memerangi momok inflasi yang belum pernah terlihat dalam beberapa dekade.

Sebaliknya, China diperkirakan akan mengalami pemulihan yang pesat karena negara tersebut sepenuhnya membuka kembali ekonominya untuk perdagangan setelah lockdown yang ketat selama pandemi Covid-19.

Namun, bukan itu yang terjadi. Data PDB yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan ekonomi AS mengakhiri tahun dengan kuat, tumbuh 3,3% secara riil, disesuaikan dengan inflasi pada kuartal keempat setelah tumbuh 4,9% pada kuartal ketiga. Sementara inflasi sedang dalam perjalanan kembali ke target The Fed sebesar 2% dan kekhawatiran akan resesi memudar.

Kehancuran Pasar Properti

China berjuang di bawah beban kehancuran sektor real estate selama bertahun-tahun dan deflasi terburuk dalam sekitar 25 tahun. Ekspor — yang pernah menjadi pilar penting pertumbuhan — menurun pada tahun 2023. Pengangguran di kalangan anak muda melonjak, dan pemerintah daerah dibebani dengan terlalu banyak utang.

Meskipun data pemerintah menunjukkan perekonomian memenuhi target pertumbuhan tahunan sebesar 5,2% pada tahun 2023, ada kecurigaan bahwa itu bukan gambaran sebenarnya dari apa yang terjadi.

Yang pasti, PDB nominal bukan satu-satunya cara untuk mengukur besarnya ekonomi suatu negara. 

Para ekonom juga menggunakan sesuatu yang disebut paritas daya beli, yang mencoba memperhitungkan perbedaan harga antar negara untuk barang atau jasa yang sama. Atas dasar itu, seperti yang dihitung oleh Bloomberg Economics, China menyalip AS sekitar tahun 2016: Satu dolar di China cukup untuk membeli lebih banyak daripada di AS.

Namun, banyak pengamat berpendapat bahwa hal tersebut bukan cara terbaik untuk mengukur kekuatan ekonomi di panggung dunia. Oleh karena itu, PDB nominal dipandang sebagai panduan yang lebih baik.

Masalah Kekuatan

"Pandemi menutupi banyak kelemahan China yang dalam dan struktural yang akan bertahan selama satu dekade — tergantung pada kemampuan mereka untuk melakukan reformasi," kata Josh Lipsky, mantan penasihat IMF yang sekarang menjadi direktur Pusat GeoEkonomi Atlantic Council.

Presiden Peterson Institute for International Economics Adam Posen berpendapat bahwa Presiden China Xi Jinping telah memperburuk kelemahan ekonomi China dengan kekuasaan sewenang-wenang dan otoriternya di seluruh perekonomian dan masyarakat, terutama selama pandemi.

Grafik keyakinan konsumen China. (Sumber: Bloomberg)

Hal itu membuat rumah tangga dan bisnis kecil ketakutan dan menimbun uang tunai, karena mereka tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Posen menyebutnya sebagai "Covid panjang ekonomi" — kondisi kronis yang ditandai dengan kurangnya vitalitas dan kelesuan yang berkepanjangan.

Sementara itu, AS telah mengejutkan para ekonom dengan ketahanan ekonominya dalam menghadapi pandemi. Beberapa orang seperti Posen bahkan curiga bahwa negara itu mungkin berada di ambang peningkatan pertumbuhan produktivitas yang akan memungkinkan ekonomi tumbuh lebih cepat tanpa menimbulkan inflasi.

Namun, tindakan terakhir dalam kampanye The Fed untuk mengembalikan inflasi AS ke target 2% belum ditentukan. Masih ada risiko mereka bisa mempertahankan kebijakan terlalu ketat dalam jangka waktu lama, dan memicu penurunan.

Pasar tenaga kerja menunjukkan tanda-tanda melemah di beberapa sektor. Akibatnya, pendiri MacroPolicy Perspectives LLC dan mantan ekonom The Fed Julia Coronado mengatakan kepada webinar American Enterprise Institute pada hari Rabu bahwa risiko resesi sekarang lebih tinggi daripada di awal tahun 2023, meskipun basisnya tetap bahwa resesi dapat dihindari.

AS juga memiliki kekhawatiran jangka panjang, termasuk defisit anggaran yang secara historis tinggi.

Namun, cerita dari tahun lalu sudah jelas.

"Semua pembicaraan mengenai China menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia berdasarkan PDB telah diabaikan dan ditunda, atau bahkan ditunda tanpa batas waktu," kata Lipsky.

(bbn)

No more pages