Logo Bloomberg Technoz

Ledakan pasca-pandemi yang untuk sementara waktu membuat LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton SE menjadi perusahaan paling berharga di Eropa kehilangan tenaga di paruh kedua tahun lalu ketika inflasi mengambil alih. Namun, hasil dari LVMH dan pemilik Cartier Richemont awal bulan ini menunjukkan bahwa merek-merek terkuat melewati musim belanja liburan penting dengan baik.

"Tone percaya diri pada pertemuan analis mendukung pandangan kami bahwa tahun 2024 bisa menjadi tahun normalisasi yang lancar daripada sulit bagi LVMH," tulis analis Citigroup Thomas Chauvet dalam sebuah catatan.

Resi deposito Amerika LVMH naik 4,7% setelah hasil tersebut.

Cognac dan Sampanye

Unit anggur dan minuman keras, dengan merek termasuk Moët & Chandon Champagne dan Hennessy Cognac, tumbuh secara tak terduga dalam tiga bulan terakhir tahun 2023 setelah dua kuartal berturut-turut mengalami penurunan penjualan.

Guiony mengatakan bahwa yang terburuk bagi bisnis Kognak adalah "kemungkinan sudah di belakang kita," dengan China khususnya masih menyerap tingkat inventaris yang tinggi setelah lockdown pada tahun 2022.

Asia, kecuali Jepang, melihat pertumbuhan penjualan organik kuartalan sebesar 15% sementara AS pulih secara berurutan menjadi pertumbuhan 8%, naik dari 2% dalam tiga bulan sebelumnya. Guiony mengatakan LVMH belum melihat kembalinya wisatawan massal China ke Eropa, tetapi grup tersebut mendapat manfaat dari tingkat pengeluaran yang kuat dari wisatawan kaya China di ibu kota seperti Paris.

Keuntungan dari operasi berulang untuk tahun itu melampaui perkiraan, meningkat menjadi €22,8 miliar (Rp391 triliun). Saat ini LVMH tidak merencanakan kenaikan harga lebih lanjut untuk tahun 2024, kata Guiony.

Ketua dan CEO LVMH, Bernard Arnault, mengatakan anak-anaknya, Alexandre dan Frederic, akan dinamakan ke dalam dewan perusahaan, di mana mereka akan bergabung dengan dua anak lainnya, Delphine dan Antoine.

Miliarder Prancis itu telah mempersiapkan anak-anaknya untuk berpotensi memimpin kerajaan mewah yang ia dirikan, dan saat ini kelima anaknya memiliki peran di perusahaan.

Arnault mengatakan bahwa ia tidak memiliki rencana untuk memisahkan aset. "Saya tidak akan pernah mempertimbangkan hal ini," katanya, karena "grup ini dibangun atas keberagaman label."

(bbn)

No more pages