Logo Bloomberg Technoz

Gibran dan Filosofi One Piece-Naruto

Septiana Ledysia
22 January 2024 09:10

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ini bukan yang pertama kali calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka memperlihatkan dirinya sangat menyukai anime. Dari Naruto hingga One Piece melekat pada dirinya.

Pada acara debat Cawapres yang digelar di JCC, Minggu (21/1/2024) di JCC Senayan, Jakarta, wali kota Solo tersebut terlihat mengenakan kemaja biru dengan pin berlambang bajak laut  khas anime Jepang ‘One Piece’.

One Piece sendiri melambangkan impian dan kebebasan. Bagi karakter utama anime tersebut, Luffy,  lambang tersebut berarti tekadnya untuk menjadi Raja Bajak Laut yang memimpin dengan kebebasan tanpa batas. Bagi setiap karakter, One Piece mungkin memiliki arti berbeda, tetapi esensinya tetap sama: impian yang membawa perubahan besar dalam hidup mereka.

Ini bukan yang pertama lambang bajak laut tersebut muncul, beberapa kali saat acara di KPU, pendukung Gibran banyak yang membawa bendera One Piece sebagai bentuk dukungan. 

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technioz/Andrean Kristianto)

Tak hanya One Piece, Gibran juga diketahui sangat menyukai anime Naruto. Ini sering terlihat dari foto akun media sosial X miliknya yang sempat menggunakan foto dirinya yang diedit menggunakan baju naruto.