Logo Bloomberg Technoz

Studi: Uang Bikin Bahagia, Setidaknya Sampai Gaji Rp 7,7 M/Tahun

News
09 March 2023 15:54

Dolar Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Dolar Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Conrad Quilty-Harper - Bloomberg News

Bloomberg, Uang memang membawa kebahagiaan, bahkan bagi mereka yang gajinya jauh di atas US$ 75.000 (Rp 1,1 miliar) per tahun. Jumlah ini biasanya merupakan ambang atas pendapatan tahunan yang ternyata berkorelasi dengan tingkat kebahagiaan.

Tingkat kepuasan meningkat sejalan dengan makin tingginya pendapatan, dan bahkan semakin cepat saat gaji naik melebihi US$ 100.000 per tahun - selama orang tersebut sudah cukup bahagia sebelumnya.

Hal ini menurut studi terhadap 33.391 orang yang tinggal di Amerika Serikat. Hasil penelitian tersebut diterbitkan 1 Maret kemarin dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Dikatakan, efek bahagia dapat diamati seiring naiknya gaji sampai dengan US$ 500.000, atau sekitar 7,7 miliar rupiah setahun. Di atas level itu, data mereka tidak konklusif.

Hasil ini bertentangan dengan makalah terkenal tahun 2010 oleh psikolog Daniel Kahneman dan ekonom Angus Deaton, yang melaporkan bahwa kebahagiaan dapat meningkat seiring dengan kenaikan pendapatan sampai korelasinya mulai melandai di antara US$ 60.000 dan US$ 90.000 setahun.