Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Rp4 Triliun

Dovana Hasiana
08 January 2024 13:00

Presiden Joko Widodo, tengah. (Sumber: YouTube Setpres RI)
Presiden Joko Widodo, tengah. (Sumber: YouTube Setpres RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada hari ini, Senin (8/1/2024). Jalan tol ini memiliki panjang 14,8 kilometer dan nilai investasi Rp4 triliun. 

Jokowi menjelaskan jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek yang saat ini terdiri dari Jalan Tol Lingkar Dalam, Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1  dan JORR 2. 

“Jalan tol yang kita resmikan hari ini bagian dari JORR 2, yang juga tinggal nanti beberapa kilometer lagi. Tadi saya tanya ke Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) bisa diselesaikan kuartal 2 tahun ini,” ujar Jokowi dalam agenda peresmian yang disiarkan secara virtual, Senin (8/1/2024). 

Pengoperasian jalan tol ini, kata Jokowi, akan memudahkan dan memberikan pilihan bagi masyarakat yang tinggal di Cibubur, Bogor dan Tangerang. Menurut Jokowi, masyarakat tersebut tidak perlu lagi masuk ke dalam kota untuk menjangkau beberapa area seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Selain itu, pengoperasian jalan tol ini juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan masyarakat memiliki alternatif untuk menggunakan ruas jalan yang lebih lancar.