Logo Bloomberg Technoz

Nasib Ferrari & Porsche Terimpit Rencana Larangan BBM di Eropa

News
04 March 2023 18:51

Supercar Ferrari. (Fotografer: Francesca Volpi/Bloomberg)
Supercar Ferrari. (Fotografer: Francesca Volpi/Bloomberg)

William Wilkes dan Wilfried Eckl-Dorna – Bloomberg News

Bloomberg,  Dua nama paling dihormati di Eropa dalam industri otomotif, Porsche dan Ferrari, muncul dalam debat Uni Eropa (UE) tentang rencana untuk mengakhiri produksi mobil berbasis mesin pembakaran internal (internal combustion).

Kedua produsen mobil sports mewah itu sedang mencari bahan bakar listrik sintetis, atau bahan bakar elektronik, di tengah larangan UE yang direncanakan pada 2035 untuk kendaraan mesin pembakaran internal baru. 

Sementara mereka termasuk dalam segmen sempit industri otomotif, status Porsche dan Ferrari sebagai ikon nasional sudah cukup untuk menggerakkan pemerintah mereka untuk menantang rencana UE pekan lalu, hanya beberapa hari sebelum pemungutan suara yang dijadwalkan.

Langkah tersebut mengguncang Brussel, dan membuka kembali pertanyaan seputar bahan bakar elektronik yang diduga netral iklim yang terbukti terlalu mahal untuk armada kendaraan besar. Namun, hal itu juga mengungkapkan pertanyaan yang lebih dalam tentang kekuatan ekonomi dan sosial yang berperan dalam transisi Eropa ke teknologi hijau.