Logo Bloomberg Technoz

Saham Sektor Konsumen, Energi Terbarukan China Anjlok 68% di 2023

News
27 December 2023 11:20

President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)
President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)

Ishika Mookerjee - Bloomberg News

Bloomberg, Para investor yang percaya pada gagasan dua tahun lalu bahwa saham di sektor konsumen dan energi ramah lingkungan (green energy) China akan meraih keuntungan besar dari agenda ekonomi yang diperbarui oleh Presiden Xi Jinping melihat nilai kepemilikan mereka merosot pada 2023.

Saham perusahaan dealer mobil China Meidong Auto Holdings Ltd, produsen pakaian olahraga Li Ning Co, dan pembuat sistem penyimpanan energi Pylon Technologies Co, semuanya anjlok setidaknya 68% pada 2023. Hal ini menjadikan perusahaan-perusahaan tersebut berkinerja terburuk di MSCI Asia Pacific Index yang memiliki lebih dari 1.500 anggota.

Saham-saham seperti ini dianggap sebagai aset aman di tengah ketatnya peraturan pemerintah China karena sejalan dengan prioritas kebijakan Xi, termasuk kampanye common prosperity atau kemakmuran bersama guna mempersempit kesenjangan kekayaan, serta pengembangan sektor energi terbarukan.

Saham energi terbarukan China. (Sumber: Bloomberg)

Namun, saham-saham ini justru menderita kerugian yang tidak proporsional seiring dengan pemulihan China dari pembatasan Covid dan krisis properti yang mendalam merusak kepercayaan investor.