Logo Bloomberg Technoz

Jakarta Kota Termahal, Warga Diminta Ubah Gaya Hidup Sesuai Gaji

Azura Yumna Ramadani Purnama
13 December 2023 10:50

Suasana kios penjualan di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta, Selasa (12/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana kios penjualan di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta, Selasa (12/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - DKI Jakarta dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia. Nilai konsumsi rata-rata rumah tangga per bulan mencapai Rp14,88 juta.

Hal ini tercantum dalam Survei Biaya Hidup (SBH) 2022 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). SBH 2022 merupakan pengganti SBH 2018 yang menjadi indikator penghitungan inflasi.

"Di urutan pertama ada DKI Jakarta dengan nilai konsumsi rata-rata rumah tangga Rp 14,88 juta. Biaya tersebut meningkat dibanding SBH 2018 yakni Rp 13,4 juta," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini.

Menanggapi data tersebut, Perencana Keuangan Ahmad Gozali menyarankan masyarakat di Ibu Kota untuk mengendalikan perilaku dan gaya hidup sesuai dengan level penghasilan.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi kenaikan harga komoditas yang tidak bisa dikendalikan, salah satunya harga bahan bakar minyak (BBM).