Logo Bloomberg Technoz

Kalahkan Taylor Swift, ChatGPT Jadi Topik Populer Wikipedia 2023

Redaksi
07 December 2023 16:40

Ilustrasi OpenAI atau teknologiArtificial intelligence (AI)seperti ChatGPT. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi OpenAI atau teknologiArtificial intelligence (AI)seperti ChatGPT. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - ChatGPT, chatbot berbasis teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) berada di posisi utama pada halaman Wikipedia berbahasa Inggris, yang artinya paling banyak dilihat sepanjang tahun 2023.

ChatGPT mengalahkan Taylor Swift, 'Oppenheimer,' hingga Elon Musk. Berdasarkan laporan Wikimedia Foundation, ChatGPT meraih lebih dari 49 juta pageviews, berdasarkan daftar artikel terpopuler Wikipedia tahun 2023.

Wikipedia berbahasa Inggris mengumpulkan lebih dari 84 miliar tampilan secara keseluruhan tahun ini karena ketertarikan pada peristiwa dunia, teknologi, dan budaya pop. Sedangkan Wikimedia Foundation merupakan organisasi nirlaba yang mengoperasikan Wikipedia, menyusun daftar artikel yang paling banyak dilihat artikel yang paling banyak dilihat di Wikipedia antara 1 Januari dan 28 November 2023.

Artikel ChatGPT setiap harinya menghasilkan 100.000 hingga 400.000pageviews. Alhasil ChatGPT menduduki peringkat pertama dengan 49.490.406 pageviews secara keseluruhan dan pada paruh pertama tahun ini.

Artikel ChatGPT,  yang baru saja menginjak usia satu tahun setelah diluncurkan oleh OpenAI pada November 2022, terdaftar memiliki lebih dari 79 juta tampilan halaman, dilaporkan Business Insider.