Logo Bloomberg Technoz

Zulhas soal Boikot Produk Israel: Pemerintah tidak, Warga Silakan

Dovana Hasiana
28 November 2023 08:50

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kemendag.go.id)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kemendag.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat atas pilihan memboikot produk Israel atau yang berhubungan dengan negara tersebut. 

Zulhas menggarisbawahi, pemerintah tidak melakukan boikot produk-produk tertentu, namun hanya mengatur agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia. 

“Soal daftar produk-produk yang diboikot, pemerintah tidak memboikot produk manapun, bahwa ada pendapat masyarakat, silakan saja, pemerintah tidak ada melarang-larang tidak ada, kalau mengatur iya,” ujar Zulhas dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Senin (27/11/2023). 

“Jelas, saya kira terang, tidak abu-abu, kita tidak melarang produk manapun selama sesuai dengan ketentuan yang ada silakan. Tapi masyarakat (boikot) itu hak mereka, silakan saja,” lanjutnya. 

Sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan aksi boikot produk terafiliasi dengan Israel berdampak penurunan sekitar 3%-4% konsumsi belanja masyarakat secara harian di daerah-daerah tertentu.