Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani: Aset Negara Harusnya Jangan Tidur, tapi Kerja Keras

Dovana Hasiana
22 November 2023 17:17

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani dalam acara kuliah umum di FEB UI. (Tangkapan Layar via Facebook Sri Mulyani)
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani dalam acara kuliah umum di FEB UI. (Tangkapan Layar via Facebook Sri Mulyani)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan kementerian dan lembaga untuk mengelola aset negara dengan bijaksana, sehingga berdampak pada penerimaan negara dan bisa memberi nilai tambah bagi masyarakat.

"Seharusnya aset tidak tidur, orang tidak kerja keras. Aset harusnya kerja keras, jadi memberi manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan ekonomi," ujar Sri Mulyani dalam acara Anugerah Reksa Bandha yang diselenggarakan di Jakarta pada Rabu (22/11/2023).

Untuk menciptakan dan meningkatkan budaya menjaga aset negara tersebut, pemerintah terus melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya peranan aset negara.

“Tidak hanya sekadar sebagai koleksi aset yang ada di dalam neraca keuangan, tapi juga sebagai sebuah aset yang mampu menciptakan nilai tambah di dalam perekonomian,” kata Sri Mulyani.

Saat ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus berupaya mengelola dan mendokumentasikan seluruh aset negara secara baik. Salah satunya melalui Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) yang dibangun untuk menelusuri dan memperbarui data aset-aset negara yang dimiliki.