Logo Bloomberg Technoz

Astra (ASII) Luncurkan Bank Saqu usai Jual Bank Permata

Lavinda
20 November 2023 09:51

Dok. Menara Astra
Dok. Menara Astra

Bloomberg Technoz, Jakarta - Grup Astra akan kembali merilis perusahaan perbankan baru miliknya, Bank Saqu. Peluncuran ini dilakukan setelah beberapa tahun lalu Astra melepas kepemilikannya di Bank Permata.

Berbeda dengan Bank Permata yang bermain di segmen korporasi dan kredit pemilikan rumah (KPR), Bank Saqu akan berbentuk bank digital yang menyasar segmen retail dan usaha kecil menengah (UKM).  

Pada 2020, Astra melepas 44,56% atau 12,49 miliar saham Bank Permata miliknya ke perusahaan perbankan raksasa asal Thailand, Bangkok Bank. Dari hasil penjualan saham tersebut, Grup Atra mengantongi dana mencapai Rp 16,3 triliun.

Hari ini, melalui entitas Astra Financial, Astra akan meluncurkan bank digital baru miliknya bernama Bank Saqu, pekan depan. Perusahaan hasil akuisisi ini akan menjadi pesaing baru bagi bank-bank digital milik konglomerasi di Indonesia.   

"Peluncuran Bank Saqu: Transforming Banking, Uplifting Indonesia, pada Senin 20 November 2023," ungkap Manajemen Astra Financial dalam undangan virtual, Rabu (15/11/2023).