Logo Bloomberg Technoz

India akan Batasi Ekspor Beras hingga 2024, Harga Bisa Melejit

News
19 November 2023 09:08

Beras basmati dari India./dok. Bloomberg
Beras basmati dari India./dok. Bloomberg

Pratik Parija - Bloomberg News

Bloomberg, India, eksportir beras terbesar di dunia, diperkirakan akan mempertahankan pembatasan penjualan beras ke luar negeri hingga tahun depan. Langkah ini kemungkinan akan membuat harga bahan pokok mendekati level tertinggi sejak krisis pangan pada 2008.

Harga yang lebih rendah dan persediaan yang melimpah telah menjadikan India salah satu pengirim beras terbesar secara global selama beberapa dekade terakhir. Saat ini, mereka menyumbang hampir 40% dari total pengiriman. Negara-negara Afrika seperti Benin dan Senegal termasuk di antara pembeli terbesar.

Namun, Perdana Menteri (PM) Narendra Modi, yang akan mencalonkan diri kembali tahun depan, telah berulang kali memperketat pembatasan pengiriman dalam upaya mengekang kenaikan harga domestik, dan melindungi konsumen India.

"Selama harga beras dalam negeri menghadapi tekanan ke atas, pembatasan kemungkinan akan tetap ada," kata Sonal Varma, kepala ekonom untuk India dan Asia selain Jepang di Nomura Holdings Inc. "Bahkan setelah pemilu, jika harga beras dalam negeri tidak stabil, langkah-langkah ini kemungkinan akan diperpanjang."

Grafik pembatasan beras India. (Sumber: Bloomberg News)